Serba-Serbi MotoGP

Rossi: Kualitas Aspal Brno Buruk dan Berbahaya

Rossi sebut aspal Brno memiliki kualitas buruk. yamahamotogp
Rossi sebut aspal Brno memiliki kualitas buruk. yamahamotogp

Autogear.id: Valentino Rossi mengeluhkan kondisi aspal lintasan Brno, Ceko yang dinilai sangat buruk. Menurut Rossi faktor aspal sirkuit menjadi penyebab banyaknya rider yang terjatuh selama sesi latihan bebas MotoGP Ceko. 

"Kami sudah menduganya karena memang seperti ini tiap tahun. Brno selalu memiliki karakter sirkuit yang indah namun aspalnya jauh dari fantastis dan ini adalah kerugian bagi semua orang," kata Rossi dikutip dari GPone.

"Kami tentu akan membicarakan ini bersama pembalap lain di Komisi Keselamatan. Kami akan mencoba mendorong solusi namun masalah sebenarnya tentu adalah pendanaan. Bila tidak ada uang, tidak banyak yang bisa dilakukan," lanjut the doctor. 

Rider yang menjadi korban terparah aspal Brno adalah Fransesco Bagnaia yang mengalami kecelakaan di tikungan 1 Brno. Ia bahkan mengalami cedera patah tulang dan langsung masuk meja operasi. Bagnaiapun dipastikan absen di sesi race MotoGP ceko. 

Kejadian yang sama juga menimpa beberapa rider lainnya seperti Maverick Vinales, Alex Marquez, termasuk Rossi sendiri yang sempat terjatuh di FP2. Namun beruntung mereka semua tidak mengalami cedera dan masih bisa ikut berkompetisi. 

"Di Brno, ada banyak lubang dan sulit untuk melakukan cengkraman pada ban. Sulit untuk mengendalikan motor," terang Rossi. 

Sementara itu, di race MotoGP Ceko the doctor akan mengawali lomba dari urutan 10. Sedangkan pole position ditempati Johann Zarco disusul Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli masing-masing urutan kedan dan ketiga. 


(uda)