Serba-Serbi MotoGP

Kontrak Baru Alex Rins, Janji Suzuki Sejak Tahun Lalu

Alex Rins resmi perpanjang kontrak dengan Suzuki hingga tahun 2022. autosport
Alex Rins resmi perpanjang kontrak dengan Suzuki hingga tahun 2022. autosport

Autogear.id: Pasca penandatanganan kontrak baru di Suzuki, Alex Rins mengatakan dirinya sudah mencapai kesepakatan dengan manajemen tim Suzuki sejak balapan MotoGP Argentina musim 2019 lalu. 

Hal ini terungkap ketika Alex Rins mendapat pertanyaan soal berapa lama komunikasi antara dia dan Suzuki hingga akhirnya kontrak baru itu disodorkan. 

"Saya mulai berbicara dengan Suzuki sejak di Argentina 2019. Jadi di sana kami mulai berbicara tentang dua tahun ke depan," kata Rins dikutip dari Autosport, Jumat (24/4/2020). 

Tak hanya itu, jika situasi normal alias tidak ada wabah Covid-19, kemungkinan penandatanganan kontrak bisa dilakukan di awal tahun. Bahkan Rins pun sudah mempersiapkan skenario pengumuman perihal perpanjangan kontrak. 

"Situasi (Covid-19) membuat perubahan dalam banyak hal. Saya ingin mengumumkan kelanjutan dengan Suzuki pada saat balapan, dan jika mungkin saat naik podium. Tapi situasinya berbeda sekarang," sambung Rins. 

Alex Rins bergabung dengan Suzuki sebagai rookie MotoGP pada 2017. Ia menunjukkan kemajuan pesat dengan lima podium pada musim keduanya. Di musim 2019, Rins mencatatkan dua kali kemenangan di Austin, Amerika serta di Silverstone, Inggris. Pencapaian tersebut menempatkan Rins di peringkat keempat klasemen akhir MotoGP 2019 di belakang Marc Marquez, Andrea Dovizioso, dan Maverick Vinales.

Jika masa depan Alex Rins di Suzuki sudah aman hingga 2022 mendatang, lain halnya dengan rekan setimnya, Joan Mir. Kontrak Mir akan berakhir di penghujung 2020, dan hingga saat ini belum ada tanda-tanda kejelasan masa depan Mir di tim pabrikan Jepang tersebut. 


(uda)