Jack 'Jackass' Miller Juarai MotoGP Prancis 2021

Jack Miller menjuarai MotoGP Prancis 2021 (Foto: Ducati)
Jack Miller menjuarai MotoGP Prancis 2021 (Foto: Ducati)

Autogear.id - Taji pembalap asal Australia, Jack Miller, dari tim Ducati Lenovo memang masih tak dapat dikesampingkan. Pada seri MotoGP Prancis 2021, yang berlangsung Minggu (16/5) malam, Miller kembali meraih podium pertama.

Ia sukses mempecundangi pembalap asal tuan rumah, Fabio Quartararo, pada ajang balap yang sempat diwarnai wet race dan menyajikan banyak drama ini.

Kendati Fabio Quartararo dari tim Monster Energy Yamaha memulai balapan dari posisi terdepan, namun pepatah ‘posisi menentukan prestasi’ sementara tak berlaku bagi Quartararo. Karena faktanya, di tengah-tengah berlangsungnya balapan, ia terpaksa harus bersaing ketat. Saling tempel dengan Miller yang sebelumnya juga menjuarai seri MotoGP Spanyol 2021.

Balapan pun berlangsung sangat seru dan menarik. Namun saat balapan masih menyisakan 23 lap, hujan mulai turun membasahi trek sirkuit Le Mans, dibumbui angin yang cukup kencang. Paddock masing-masing tim lantas mulai sibuk, menyiapkan motor untuk setingan wet race, demi menjaga irama di lintasan.

"Balapan yang luar biasa, semua orang disibukkan karena cuaca yang tidak bisa diprediksi di lintasan," ujar Miller dilansir dari laman Speedweek, Senin (17/5/2021).

"Awalnya cukup tenang. Namun di tengah perlombaan, saat angin datang bersama hujan, cuaca bergejolak. Bahkan pagar di jalur pit pun roboh," lanjutnya.

Ketika tinggalkan paddock, pembalap Honda Marc Marquez mengambil kesempatan pertama, sehingga langsung memimpin balapan. Disayangkan, usai memimpin sebanyak 4 lap, kejadian apes menghampirinya. Marquez terjatuh, dan posisi pertama langsung diambil alih Quartararo.

Meski begitu, Quartararo juga tidak sanggup berlama-lama mempertahankan posisinya. Karena Jack Miller mampu mengambil posisi pertama, yang semula ditempati Quartararo, di saat balapan menyisakan 12 lap. Miller terus berhasil menjauh, sampai pada akhirnya menyentuh garis finis di urutan terdepan.

Menariknya lagi, Jackass -julukan Jack Miller- sanggup meraih finis pertama, walaupun pembalap bernomor 43 ini diganjar long lap penalty, setelah melewati batas kecepatan saat masuk ke jalur pit. Seolah tak terpengaruh dengan hukuman, yang membuatnya wajib melewati jalur melambung lebih jauh. Jalur tersebut biasanya berada di bagian run-off tikungan. Miller tetap berhasil melaluinya dengan cepat. 

Sementara Quartararo yang merasa sudah aman di posisi kedua, ternyata dibayang-bayangi ancaman dari Johann Zarco, pembalap tim Pramac Ducati yang satu negara dengannya. Benar saja, kedudukan pun berubah. Posisi Quartararo berhasil direnggut Zarco, hingga akhir balapan.

Berikut ini hasil balapan MotoGP Prancis 2021 (10 besar):
1. J. Miller
2. J. Zarco
3. F. Quartararo
4. F. Bagnaia
5. D. Petruci
6. A. Marquez
7. T. Nakagami
8. P. Espargaro
9. I. Lecuona
10. M. Vinales


(acf)