Serba-Serbi Formula 1

Ketika Covid-19 Melanda, Esport F1 jadi Alternatif

Promotor F1 menggagas seri Esports F1 sebagai alternatif jadwal kosong akibat Covid-19. Autosport
Promotor F1 menggagas seri Esports F1 sebagai alternatif jadwal kosong akibat Covid-19. Autosport

Autogear.id: Promotor Formula 1 akan menjalankan serangkaian kejuaraan balap simulator dengan nama Esports Virtual Grands Prix di tahun 2020 ini. 

Akibat pandemi Covid-19, musim F1 2020 ditunda hingga batas waktu yang cukup lama pasca pembatalan Grands Prix Australia, Bahrain, Vietnam, Belanda dan Spanyol telah ditunda, ditambah pengumuman GP Monaco yang memilih mundur dari kalender F1 2020. 

Demi mengisi kekosongan dan menjaga gairah F1 agar tetap hidup di tengah wabah Covid-19, promotor F1 menggagas seri Esports F1 sebagai alternatif. 

"Kami sangat senang dapat menghadirkan sedikit atmosfir dalam bentuk F1 Esports Virtual GP, di saat-saat yang tidak dapat diprediksi ini, karena kami berharap dapat menghibur penggemar yang kehilangan jadwal reguler aksi olahraga F1," kata Head of F1 Digital Business Initiatives, Julian Tan dilansir dari Autosport, Jumat (20/3/2020). 

Juian Tan menambahkan, dengan terhentinya semua cabang kejuaraan balap, maka ini menjadi waktu yang tepat untuk memperkenalkan Esport yang juga menuntut keterampilan yang tidak kalah luar biasa. 

Seri kejuaraan F1 Esports Virtual GP ini menggunakan console versi PC dari game resmi F1 2019. Sedangkan untuk sirkuit yang bukan bagian dari F1 2019, seperti Vietnam dan Zandvoort, akan dicarikan sirkuit alternatif.

Kejuaraan ini tak hanya diikuti oleh peserta hobi saja, melainkan juga diramaikan oleh pembalap-pembalap F1 aktif di musim ini. Seru kan?


(uda)