Serba-Serbi Formula 1

Grand Prix Kanada Ditunda, Jadwal F1 Kembali Berubah

Formula 1 Grand Prix Kanada resmi ditunda. formula1
Formula 1 Grand Prix Kanada resmi ditunda. formula1

Autogear.id: Tak jauh berbeda dengan MotoGP, ajang Formula 1 musim 2020 juga belum ada kejelasan kapan akan dimulai. Paling anyar, Grand Prix Kanada yang tadinya diplot sebagai balapan pembuka pada tanggal 14 Juni mendatang nyatanya juga mengumumkan penundaan. 

Alasan penundaan ini juga masih sama, yaitu ancaman penyebaran wabah global Covid-19. Hal ini memaksa penyelenggara F1 GP Kanada harus mengikuti langkah beberapa tuan rumah lainnya yang juga memilih untuk menunda. 

“Kami akan merasa terhormat menjadi tuan rumah balapan pembuka pada kalender Kejuaraan Dunia Formula 1 2020, tetapi kami dengan berat hati harus mengumumkan penundaan Formula 1 Kanada Grand Prix 2020. Penundaan ini bukanlah keputusan yang mudah," kata Presiden dan CEO F1 Grand Prix Kanada, Francois Dumontier dikutip dari Crash, Rabu (8/4/2020). 

Francois menambahkan pihaknya telah mendiskusikan hal ini dengan matang bersama semua stakholder dan otoritas Kanada dalam memutuskan penundaan. Namun belum jelas kapan tanggal pengganti untuk balapan di Sirkuit Gilles Villeneuve tersebut. 

“Saat ini sangat penting untuk menyatukan semua energi kita untuk mengatasi Covid-19. Kami akan menyambut Anda dengan tangan terbuka di Sirkuit Gilles-Villeneuve segera setelah situasi aman," sambung Francois. 

Kanada menjadi tuan rumah ke sembilan yang membatalkan atau menunda penyelenggaraan F1. Sebelumnya Australia, Bahrain, Vietnam, China, Belanda, Spanyol, Monaco, serta Azerbaijan gagal menggelar balapan. 

Dengan demikian, balapan pembuka secara otomatis bergeser ke Grand Prix Perancis pada tanggal 28 Juni. Tapi kondisi di Eropa pun tidak jauh lebih baik, artinya kemungkinan terbesar GP Perancis sepertinya akan mengambil langkah yang sama. Kita tunggu saja pengumuman resminya. 


(uda)