Tips Merawat Kaki-kaki Mobil Pick Up

Mobil pick up dengan muatan berlebih (Foto: Instagram)
Mobil pick up dengan muatan berlebih (Foto: Instagram)

Autogear.id – Bicara mobil pick up, selain kapasitas daya angkut, umumnya nilai tambah terdapat pula pada sektor kaki-kaki. Bagian kaki-kaki mobil model ini menjadi salah satu komponen penting. Selain berfungsi sebagai penstabil pengendalian, juga merupakan salah satu penopang dari bobot kendaraan. 

Sebetulnya kaki-kaki terdiri dari beberapa komponen, dan satu sama lain saling terhubung. Dari beberapa komponen tersebut, roda yang terdiri dari ban dan velg, menjadi yang paling terlihat. Mengenai perawatan dan pengecekan kaki-kaki, sebenarnya bisa dilakukan sendiri oleh pemilik pick up. Bagaimana caranya?

1. Perhatikan Tekanan Angin
Apa sih hubungan kaki-kaki dengan tekanan angin pada ban? Jelas ada sob! Seperti dikatakan sebelumnya, piranti kaki-kaki terdiri dari beberapa perangkat yang saling terhubung satu sama lain. Salah satunya adalah komponen ban.

Maka dari itu, perhatikan tekanan angin pada ban. Jika ban kurang tekanan, dapat memicu permukaan ban menjadi rusak. Kalau ban rusak, lalu permukaannya yang bergesekan dengan jalan berpeluang tambah lebar. Bikin beban mesin dan konsumsi bahan bakar bertambah. 

Sebaliknya, jika ban kelebihan tekanan, imbasnya menjadi keras. Kalau sudah begitu, berisiko mengurangi fungsi peredaman. Lebih jauh lagi, dapat mempengaruhi kualitas pengereman karena ban menjadi licin. 

Mengecek tekanan angin ban, merupakan salah satu upaya memperpanjang umur ban, menghemat bahan bakar, dan mengurangi risiko kecelakaan. Ujung-ujungnya, menjaga kualitas dan performa kaki-kaki secara keseluruhan.

2. Cek Permukaan Ban
Selanjutnya, pemilik mobil pick up juga harus memastikan pengecekan permukaan ban. Ban haruslah segera diganti, jika permukaannya sudah terlihat botak. Bagi pemilik mobil pick up, sangat penting mengecek usia ban. Sangat disarankan untuk tidak menggunakan ban kedaluwarsa, atau berusia lebih dari 6 tahun. 

3. Spooring & Balancing
Terakhir, yang harus diperhatikan pemilik pick up adalah melakukan spooring dan balancing pada roda. Seperti diketahui, spooring dilakukan untuk meluruskan kembali dudukan empat roda mobil. Membuat mobil seperti baru keluar dari pabrik. Sedangkan balancing dilakukan untuk menyesuaikan, atau menjaga keseimbangan pada titik atas bawah maupun kiri kanan roda. 
Dengan begitu, spooring balancing berfungsi sangat vital, dalam menjaga kenyamanan dan kestabilan kendaraan. Terutama untuk kendaraan komersial semacam pick up, yang sehari-hari condong mengangkut beban muatan yang berat.

Diperkuat Hariadi, Asst. To Service Dept. Head PT SIS, selama ini pick up hadir dengan mesin dan bodi kokoh serta kuat. Tapi tetap saja pengguna mobil pick up, misalnya pemilik New Carry Pick Up, harus tetap memperhatikan perawatan kendaraan dan kapasitas muatan. Agar mesin mampu bekerja secara optimal untuk jangka waktu yang lama. 

“Disarankan pemilik mobil pick up melakukan servis berkala ke bengkel-bengkel resmi. Sehingga mobil pick up andalan dapat terjaga kualitas dan performanya. Apalagi sebagai alat penggerak roda usaha,” pungkas Hariadi.


(acf)