Autogear.id: Komponen busi merupakan salah satu komponen yang paling krusial dalam kendaraan bermotor. Saat ini komponen busi juga menawarkan beberapa fitur-fitur yang didesain khusus dengan spesifikasi berbeda untuk masing-masing sepeda motor. 

Fitur tersebut dirancang karena kebutuhan setiap mesin dan kendaraan terkadang berbeda-beda untuk setiap brand dan tipe. Pergeseran tren motor bebek ke matic juga mempengaruhi perkembangan teknologi busi kendaraan agar menyesuaikan dengan spek motor-motor kekinian.

Salah satu pengembangan busi yang dibuat khusus untuk motor-motor matic populer saat ini yaitu busi tipe NGK LMAR8A-9 yang digunakan pada motor Yamaha XMAX dan Honda Forza. Busi tersebut memiliki fitur Long Reach, yaitu penggunaan ulir busi sepanjang 26,5mm. 

"Busi NGK LMAR8A-9 dan Laser Iridium LMAR8BI-9 untuk XMAX & Forza memiliki fitur yang cukup berbeda dari busi motor pada umumnya. Busi motor ini memiliki fitur yang disebut dengan Long Reach, yaitu penggunaan ulir busi sepanjang 26,5mm," kata Technical Support PT NGK Busi Indonesia, Diko Oktaviano. 

Penggunaan ulir yang cukup panjang tersebut bertujuan untuk meningkatkan efisiensi sistem pendingin yang lebih besar sehingga menaikkan kemampuan kompresi. Fungsi kedua agar ruang bakar dan sudut katup yang lebih kecil menghasilkan efisiensi yang tinggi. Kemudian jalur pendinginan lebih lebar untuk mencegah knocking, serta lubang busi yang lebih kecil menjadikan design mesin lebih fleksibel. 

Lebih lanjut, Dito menambahkan berbeda dengan Xmax dan Forza, motor Honda PCX dan ADV juga memiliki busi yang berbeda. Untuk kedua motor ini NGK merekomendasikan busi NGK MR8K-9 dengan fitur dan material baru pada elektroda pusatnya yang diklaim memiliki pengapian yang maksimal dengan masa pakai yang lebih panjang.


(uda)