Honda Hadirkan Kendaraan Khusus untuk Bantu Pasien Anak di RS

Honda Shogo untuk pasien anak-anak di rumah sakit (Foto: Honda Motor Co, Inc)
Honda Shogo untuk pasien anak-anak di rumah sakit (Foto: Honda Motor Co, Inc)

Autogear.id - Melihat anak-anak yang dirawat di rumah sakit, tentu mampu membuat hati terenyuh. Keceriaan dan kesenangan seakan terenggut paksa, dari wajah-wajah polos mereka.

Honda Motor Co. Inc, menyadari hal itu dan tergerak untuk membantu memberi kenyamanan dan kegembiraan buat pasien anak-anak di rumah sakit, dengan memperkenalkan ‘Shogo’.

Berasal dari kata Jepang yang berarti ‘melonjak ke masa depan’, Shogo merupakan kendaraan listrik untuk anak-anak. Dirancang para insinyur Honda, inovasi otomotif ini dibuat untuk membantu meringankan stres dan kecemasan anak-anak beserta keluarga mereka. 

Salah satu tugas Shogo adalah mengantar pasien anak-anak, selama tinggal di rumah sakit. Saat ini Honda Shogo masih digunakan di Rumah Sakit CHOC, California. Tak menutup kemungkinan, terus dikembangkan untuk ditempatkan di banyak rumah sakit di dunia.

Melihat desainnya, Shogo mengingatkan kita akan kendaraan yang di Indonesia dikenal dengan nama Boom Boom Car. Atau bisa juga menyerupai kendaraan remote control. 

Shogo difokuskan untuk pasien anak-anak berusia 4 - 9 tahun. Mudah dikendarai, mengelola mekanisme go/stop di roda kemudi. 

Kecepatannya 1-5 km/jam, dikendalikan oleh seorang pendamping seperti perawat atau pengasuh. Dirancang khusus menavigasi lorong rumah sakit, supaya bisa mengantar pasien anak-anak. 

Mempertimbangkan keselamatan pasien, Shogo dibangun tanpa pintu, agar aman dan mudah diakses anak-anak. Dalam pembuatannya, juga menyertakan dudukan tiang IV dan bar. Menawarkan opsi kepada pengasuh, supaya bisa mendorong manual kala dibutuhkan. 

Terdapat pula fitur untuk membuat anak lebih nyaman. Seperti wadah mainan di bagian depan, untuk membawa barang si anak. Lalu tempat gelas, klakson tengah dengan pilihan suara berbeda. Serta slot plat nomor, yang dapat disesuaikan untuk menampilkan nama masing-masing pengendara.

Hundy Liu, Manager of National Automobile Advertising, American Honda Motor Co., Inc mengatakan, menciptakan Shogo untuk mendukung pasien selama masa stres di rumah sakit, telah menjadi kerja cinta yang penuh semangat. 

Sementara Randall Smock, Senior Exterior Designer of Vehicles, American Honda Motor Co., Inc. mengatakan, tujuan nomor satu dalam mengembangkan Shogo adalah meringankan kesulitan tinggal di rumah sakit. Memberikan anak-anak kenangan positif yang abadi tentang pengalaman itu. 

“Setiap elemen Shogo dirancang untuk mengakomodir kebutuhan anak kecil yang berbeda. Membuatnya semudah mungkin masuk dan keluar, mudah dikendarai, dan untuk keseluruhan pengalaman yang membuat mereka lebih bahagia”, pungkasnya.


(acf)