Motor Custom

Segini Biaya Termurah Bikin Motor Custom

Biaya bikin motor custom ternyata cukup bervariasi. dok medcom
Biaya bikin motor custom ternyata cukup bervariasi. dok medcom

Autogear.id: Banyak yang berhasrat untuk memiliki motor custom. Namun kendalanya adalah permalasahan klasik yakni bujet atau biaya yang dianggap terlalu mahal, bahkan terkadang jauh lebih mahal dibanding harga motor aslinya. 

Andi 'Atenx' Akbar yang juga merupakan founder bengkel custom Katros Garage menegaskan pada dasarnya rentang biaya untuk custom motor sebenarnya cukup bervariasi. Mulai dari yang mahal hingga yang relatif murah. 

Untuk di Katros Garage, Atenx menegaskan rate normal yang ditawarkan kepada konsumen adalah sekitar Rp30 juta. Namun jika konsumen punya punya bujet miring bisa disesuaikan dengan konsekuensi kualitas part yang berbeda. 

"Rate untuk motor 250 cc ke bawah itu sekitar 30 jutaan. Itu rate yang kita rekomendasiin untuk customer, artinya nggak harus fix segitu. Kalau bujetnya under sekitar 23 jutaan itu masih kita kerjain untuk yang motor di bawah 250cc," ujar Atenx di program Ngobras Medcom.id, Rabu (3/6/2020). 

Atenx menambahkan, harga Rp30 juta yang ditawarkan tadi menjadi standar karena pertimbangan kualitas dari pengerjaan dan parts yang ditawarkan Katros Garage. "Kenapa saya plot di Rp30 juta karena lebih kepada kualitasnya, misal kalau diturunin mungkin yang tadinya pakai part import kita ganti pakai part lokal," lanjut builder yang dipercaya membuat motor custom untuk Presiden Jokowi. 

"Banyak banget yang nanya budget kadang kita nggak jawab, karena kita bingung. Misal bikin caferacer bujet berapa, itu di 20-30 juta bisa dikerjain. Tapi kita bingung kalau ngasih harga Rp40 juta kemahalan, terus kalau kasih Rp20 juta kemurahan. Malah takutnya mereka tetap di kita tapi nyari parts sendiri, nah kalau begitu jadinya nggak ketemu. Karena ban aja ada yang harga Rp 400 ribu hingga yang 4 jutaan," bebernya. 

Kembali lagi ke bujet miring, jika rentang harga Rp20-30 juta masih terlalu mahal, konsumen masih bisa memiliki motor custom di harga Rp18 jutaan namun untuk motor yang kapasitas mesin lebih kecil misal dibawah 200cc. 

"Kalau bujet Rp18-19 juta untuk motor kecil kayak Scorpio, Bison itu nggak usah custom, beli aja. Kita jual jadi, namanya Katros Cycle, itu motor custom dibawah 200 cc yang kita jual sendiri," tutup Atenx.


(uda)