Serba-Serbi MotoGP

MotoGP 2020 Tetap Berjalan, Dorna: Jika Perlu Tanpa Penonton

CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpelata. cmg
CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpelata. cmg

Autogear.id: CEO Dorna, Carmelo Ezpelata tidak ingin menunggu sampai ditemukannya vaksin Covid-19 untuk menggelar balapan MotoGP. Di tengah kekhawatirannya soal kemungkinan MotoGP 2020 batal total, Ezpelata tetap berupaya memanfaatkan sekecil apapun kemungkinan di beberapa bulan ke depan. 

"Tanpa vaksin sekalipun kehidupan harus dinormalisasi kembali, larangan bepergian akan tetap diberlakukan di semua negara. Jadi tidak mungkin bagi sejumlah besar orang untuk menonton pertandingan sepak bola atau menghadiri acara MotoGP. Saya tidak terlalu percaya diri bahwa kita akan dapat menjalankan musim 2020. Tapi kami mempertimbangkan semua solusi," kata Ezpelata, Rabu (8/4/2020) dikutip dari Crash. 

Adapun yang menjadi motivasi Ezpelata untuk tetap menggelar MotoGP karena kesepakatan baru dengan FIM yang menghapuskan syarat minimal 13 race untuk status kejuaraan dunia. 

"Jika kita memiliki lebih sedikit balapan, saya tidak khawatir. Kita masih bisa memilih juara dunia. Terus terang, jika kita mendapat kesempatan untuk memulai kembali kejuaraan dunia, kita akan melakukannya. Tidak masalah berapa banyak balapan," lanjutnya. 

Pria Spanyol tersebut menambahkan, jika balapan harus di mulai pada September, hal ini sudah bisa dimaksimalkan untuk menghelat beberapa Grand Prix di Eropa. 

"Jika kami bisa mulai pada bulan September, kami masih bisa menangani lebih dari empat atau lima grand prix. Mungkin menjalankan beberapa balapan di Eropa dan kemudian melakukan perjalanan ke Asia jika larangan perjalanan sudah dihapus. Itu tergantung pada bagaimana situasi berkembang di seluruh dunia," beber Ezpelata. 

Untuk skenario terburuk, Ezpelata juga tidak keberatan andai MotoGP digelar tanpa penonton. "Jika diperlukan, kami harus menerima resiko terburuk itu," tutupnya.


(uda)