Serba-Serbi MotoGP

Dorna: MotoGP Dimulai Bulan Juli

Promotor MotoGP, Dorna Sports optimis MotoGP 2020 bisa dimulai akhir Juli 2020. autosport
Promotor MotoGP, Dorna Sports optimis MotoGP 2020 bisa dimulai akhir Juli 2020. autosport

Autogear.id: Promotor MotoGP, Dorna Sports mengaku optimis musim 2020 segera bisa dimulai pada bulan Juli 2020. Beberapa opsi masih dipertimbangkan termasuk skema tanpa penonton. 

Sejak Maret lalu, CEO Dorna Carmelo Ezpeleta terus berusaha merumuskan beberapa ide tentang bagaimana musim ini bisa berjalan. Bahkan ia mengaku akan "senang" dengan kejuaraan cukup 10 putaran mengingat situasi sulit akibat pandemi Covid-19. Namun saat ini Ezpelata justru yakin balapan MotoGP 2020 bisa digelar lebih banyak. 

"Kami telah melakukan kontak dekat dengan FIM, dengan IRTA (International Race Teams Association), terutama dengan pabrikan. Dan kemudian kita melihat skenario yang berbeda. Yang paling optimis adalah mencoba memulai pada akhir Juli. Pada prinsipnya, kami akan mencoba membuat kejuaraan di Eropa, mulai akhir Juli, awal Agustus," ujar Ezpelata dikutip dari Autosport. 

"Kemudian mulailah membuat balapan, dan tergantung pada situasinya, kami akan mempertimbangkan kemungkinan di akhir tahun jika negara-negara lain mengizinkan kami untuk menggelar balapan, tetapi harus selesai tepat waktu pada bulan November," lanjutnya. 

Rencana darurat lain yang sedang dipertimbangkan adalah memulai musim pada bulan September, tetapi Ezpeleta mengakui opsi ini akan lebih sulit. 

"Ada kemungkinan lain untuk memulai kejuaraan di September, dan saya pikir ini akan menjadi hal yang paling sulit. Saat ini, kami mempertimbangkan kemungkinan terbaik mulai bulan Juli," tegas Ezpelata. 

Pandemi Covid-19 sejauh ini telah memaksa 11 putaran MotoGP musim 2020 batal atau ditunda. Satu-satunya agenda yang baru sempat berjalan adalah balapan pembuka Moto2 dan Moto3 di Qatar. 


(uda)