BBM Pertamina

Benarkah Premium Sudah Dihapuskan?

Pertamina bantah kabar penghapusan Premium. dok pertamina
Pertamina bantah kabar penghapusan Premium. dok pertamina

Autogear.id: Pertamina membantah kabar yang menyebutkan kalau bahan bakar minyak jenis Premium sudah tidak didistribusikan alias dihapuskan.

PT Pertamina (Persero) menegaskan saat ini masih menyediakan dan menyalurkan BBM Jenis Premium sebagaimana penugasan Pemerintah yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 Tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak. 

“Saat ini, sesuai ketentuan yang ada, Pertamina masih menyalurkan Premium di SPBU,” ujar Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman dalam keterangan resminya, Kamis (18/6/2020).

Spekulasi soal penghapusan Premium berawal dari pernyataan Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati yang menanggapi pertanyaan wartawan seputar penyederhanaan produk melalui penghapusan Premium, Solar dan Pertalite yang dinilai tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Permen LHK) Np 20 Tahun 2017. 

Nicke Widyawati menjelaskan mengenai filosofi penyederhanaan produk dimana sesuai regulasi Pemerintah dan kesepakatan dunia tentang lingkungan, seluruh negara harus berupaya menjaga ambang batas emisi karbon dan polusi udara dengan standar BBM minimal RON 91 dan CN minimal 51. 

“Jadi sesuai ketentuan itu, Pertamina akan memprioritaskan produk-produk yang ramah lingkungan. Apalagi tentu juga kita telah merasakan di masa PSBB langit lebih biru dan udara lebih baik. Untuk itu, kita akan teruskan program yang mendorong masyarakat untuk menggunakan BBM yang ramah lingkungan dan mendorong produk yang lebih bagus,” jawabnya. 

Selain itu, terkait penyederhanaan  produk tersebut, menurut Nicke, Pertamina sedang berkoordinasi dengan Pemerintah. “Kita akan simplikasi produk, karena jumlah produk ini nanti akan memudahkan distribusi dan dengan harga yang lebih affordable,” jelasnya.


(uda)