Sisihkan 428 Pesaing, Anak Depok Juarai Kontes City Hatch Art 2021

Foto:HPM
Foto:HPM

Autogear.id - Setelah menyeleksi ketat ratusan karya desain, akhirnya PT Honda Prospect Motor (HPM) menyatakan Ferdiansyah Ramadhan, kontestan asal Depok, Jawa Barat, sebagai pemenang kompetisi City Hatch Art 2021.

Ferdi berhasil menyisihkan 428 karya lain, yang telah terkumpul selama kontes digelar sejak 25 Juni - 30 Juli 2021. Alhasil, ia berhak membawa pulang hadiah uang tunai Rp15 juta.

Sementara juara kedua, dimenangkan Deden Desma Hikmawan yang mendapat hadiah Rp10 juta. Adapun karya Muhammad Irfan Intama berhasil menjadi juara ketiga, dengan hadiah sebesar Rp5 juta.

Melalui jumpa pers virtual, Rabu (18/8), Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director HPM mengucapkan selamat kepada para pemenang, serta seluruh peserta yang telah antusias mengikuti ajang desain virtual ini. 

“Kami sangat senang kompetisi ini dapat mewadahi generasi muda untuk tetap kreatif dan produktif, dalam mengekspresikan diri secara positif. Semoga melalui kompetisi ini, lebih banyak lagi desainer Indonesia yang bisa menyalurkan bakat bersama Honda City Hatchback RS,” tuturnya.

Menilik karya masing-masing pemenang, awalnya Ferdi sempat tak percaya kalau dirinya juara. “Serius ini? Saya menang juara pertama? Duh, terima kasih Honda,” ujarnya saat berlangsung jumpa pers virtual.

embed

Dikatakan Ferdi, desainnya yang mengedepankan konsep ‘Light the Future’, menampilkan warna-warna segar yang menggambarkan semangat di masa depan.

“Selaras dengan era digital sekarang. Menggambarkan kemampuan robot-robot di masa depan, berkolaborasi dengan estetika dan teknologi, tertuang pada bodi City Hatchback RS,” katanya. 

Imajinasinya tentang masa depan juga turut tergambarkan, lewat kesan canggih pada City Hatchback RS yang cocok dengan generasi masa depan. 

Sedangkan karya Deden mengikuti tren kaum milenial yang sarat warna. Pada bagian depan body terdapat desain sayap kupu-kupu, tampak menyatu dengan headlamp mobil membentuk seperti alis mata. 

embed

Untuk samping body, Deden gambarkan aktifitas anak muda bermain skateboard. Lalu grafiti motif bunga warna-warni, serta gambar gedung-gedung ikonik Jakarta.

Kemudian Irfan sebagai juara ketiga membuat karya bertema 'City Futurism', bergaya geometrik abstrak. Konsep desain futuristik, stylish serta modern, diakuinya sangat pas diaplikasikan pada City Hatchback RS.

embed 

Menyikapi karya pemenang, Bernhard Suryaningrat, Co-Founder NeverTooLavish berpendapat, setiap pemenang punya ciri khas. “Mereka berani berpikir out of the box. Menyematkan sejumlah objek yang tidak umum pada desain mereka. Itu menjadi sesuatu yang khas, membuat warna baru bagi industri modifikasi otomotif,” sergahnya.

Tomi Airbrush, salah satu juri wakil NMAA menyampaikan, rata-rata karya peserta telah sesuai tema yang ada. “Kesesuaian dan tingkat kesulitan karya menjadi penilaian tersendiri. Begitupun pengerjaan optimal, dan paling penting desain harus mungkin diaplikasikan pada City Hatchback RS,” urainya.

Seperti diketahui, City Hatch Art merupakan kontes desain virtual untuk Honda City Hatchback RS yang pertama kali diselenggarakan HPM, menggandeng NeverTooLavish dan melibatkan juri dari NMAA. 

Bertema besar ‘City Light & Vibrant’, setiap peserta dapat berpartisipasi menciptakan desain sesuai tema. Kemudian diaplikasikan secara virtual, pada eksterior Honda City Hatchback RS.

Nantinya ketiga pemenang akan berkolaborasi, mengaplikasikan sebuah desain langsung di mobil City Hatchback RS. Kemudian mobil tersebut akan dipajang di Dreams Cafe Senayan, mulai 27 Agustus 2021.


(acf)