Serba-serbi MotoGP

Covid-19 Lumpuhkan Italia, Rossi 'Ogah' Bahas Masa Depan di MotoGP

Negaranya terpuruk akibat wabah Covid-19, Valentino Rossi enggan bahas masa depannya di MotoGP. monsterenergyyamaha
Negaranya terpuruk akibat wabah Covid-19, Valentino Rossi enggan bahas masa depannya di MotoGP. monsterenergyyamaha

Autogear.id: Valentino Rossi 'ogah' memikirkan masa depannya di MotoGP. Saat ini the doctor ingin fokus untuk bertindak dan berkontribusi kepada masyarakat Italia termasuk kota kelahirannya Tavullia yang diserang wabah Covid-19. 

Juara dunia sembilan kali itu tengah menjalani 'lock down' selama dua pekan terakhir. Belum diketahui hingga sampai kapan masa isolasi di negara Italia akan berakhir. 

Rossi sendiri telah menjadi ikon kampanye 'social distancing' di Italia. Tak hanya itu, melalui tim VR46 Ia telah mengumpulkan dana untuk mendukung rumah sakit di Italia, khususnya di kampung halamannya di Tavullia.

Rossi menggambarkan beberapa daerah di Italia saat ini lebih mirip seperti "zona perang" karena tingginya tingkat infeksi dan kematian di Italia akibat Covid-19. Bahkan Italia menjadi negara terparah di Eropa dengan lebih dari 53.000 kasus dan angka kematian mencapai 4.800.  

“Di sini di Tavullia situasinya sulit, banyak orang yang terinfeksi di sini dan juga di Pesaro. Kita semua harus bertahan, menunggu momen ini berlalu, ”kata Rossi.

“Saya telah melihat gambaran yang sangat buruk, seperti zona perang. Saya punya banyak teman di sana dan saat ini saya yang menyemangati mereka, biasanya mereka yang mendukung saya saat balapan," lanjut the doctor. 

Valentino Rossi Pensiun atau Tidak?

Wabah global Covid-19 hampir merusak semua agenda dan kegiatan olahraga di seluruh dunia. Karena itu, menurut Rossi kepastian mengenai masa depannya di MotoGP sekarang ini sudah tidak lagi penting. Hanya saja, ia akan menentukan langkah berikutnya dengan cara menilai sendiri level kompetitif dirinya di usia 41 tahun.

“Wabah ini telah mengacaukan rencana saya. Saya memutuskan apakah akan melanjutkan setelah bagian pertama musim ini. Saya ingin menjalani beberapa balapan untuk memahami seberapa kompetitifnya saya, itu penting," tegas Rossi.

Bagaimanapun juga, segala hal yang terkait dengan Rossi selalu dinantikan para penggemar di seluruh dunia. Apalagi rumor Rossi akan mundur dari tim utama Yamaha sudah ramai diperbincangkan sejak awal tahun 2020. Hal ini juga diperkuat dengan berakhirnya kontrak Rossi di akhir tahun ini serta kabar mengenai Fabio Quartararo yang akan masuk di tahun 2021 sebagai pengganti sang legenda hidup. 

Tentunya masih banyak kemungkinan, misalnya Rossi bisa bergabung dengan tim satelit Petronas Yamaha atau pensiun total dan fokus mengembangkan tim balap VR46 dalam melahirkan calon juara baru. Bagi kalian penggemar berat Rossi, kita doakan saja yang terbaik untuk the doctor.


(uda)