Safety Riding

Konyolnya 'Pengendara PSBB' Hingga Tips Hindari Begal, Kupas Tuntas di SIAM

Sambut Iftar ala Medcom (SIAM) mengangkat tema 'Pengendara Bermasker, Aman Tapi Bo'ong?'
Sambut Iftar ala Medcom (SIAM) mengangkat tema 'Pengendara Bermasker, Aman Tapi Bo'ong?'

Autogear.id: Fenomena penyebaran Covid-19 (virus Korona) membuat banyak masyarakat mulai beradaptasi dengan kebiasaan baru seperti rajin cuci tangan, sadar kebersihan, hingga kebiasaan menjaga jarak. 

Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dicanangkan pemerintah juga membuat masyarakat terlihat sangat patuh dan berkomitmen untuk selalu menggunakan masker saat keluar rumah. 

Namun, fakta lucu justru jadi pemandangan umum di jalan raya. Sejak pemberlakuan PSBB, banyak pengguna jalan khususnya pengendara sepeda motor yang justru lalu lalang dengan menggunakan masker tapi tanpa mengenakan helm. Hal ini sudah menjadi pemandangan umum di beberapa ruas jalanan Jakarta. 

Akhir pekan ini, Sabtu (16/5/2020), program Sambut Iftar ala Medcom (SIAM) bakal mengulas fenomena ini lewat tema 'Pengendara Bermasker, Aman Tapi Bo'ong?'. Adapun yang menjadi narasumber yaitu Founder & Main Instructor Safety Defensive Consulting Indonesia, Sony Susmana. 

Penanggung jawab program SIAM, Ahmad Garuda menjelaskan bahwa fenomena pengendara bermasker tanpa helm cukup menggelitik, sehingga layak diulas sebagai tema khusus dengan harapan masyarakat khususnya pengendara motor lebih menyadari kalau potensi kecelakaan di jalan raya jauh lebih mematikan ketimbang virus Covid-19.

"Banyak orang yang refleks pakai masker di masa pandemik global Covid-19, bahkan mereka lebih peduli pakai masker daripada pakai helm. Kalau kita lihat data realtime yang dihimpun Worldometer.com, dikatakan bahwa jumlah kematian penderita Covid-19, kurang lebih 1.000 - 1-500 kematian dalam sehari di seluruh dunia. Sementara kematian di jalan raya kurang lebih 3.000 kematian dalam sehari. Lalu mengapa cenderung masyarakat kita justru memperbesar risiko kematian di jalan dengan tidak pakai perlengkapan berkendara yang baik," ujar Ahmad Garuda yang sekaligus menjadi host di program SIAM tema 'Pengendara Bermasker, Aman Tapi Bo'ong?'.

Untuk kalian yang tertarik ikut serta dalam diskusi program SIAM dengan tema menarik ini bisa mendaftarkan diri ke nomor kontak 0857 6064 9159 (free). Diskusi akan berlangsung live via Zoom, Sabtu (16/5/2020) pada pukul 15.00-16.00 Wib. Sedangkan materi diskusi akan tayang di saluran youtube resmi Medcom.id pada Minggu (17/5/2020). 

Tak hanya pembahasan soal pengendara bermasker tanpa helm. Dalam diskusi nanti, kalian bisa mendapatkan tips dan trik berkendara aman selama PSBB, trik menghindari rampok dan begal, hingga siasat menjaga refleks saat berkendaraa motor/mobil. Dijamin seru, jadi jangan sampai ketinggalan ya guys. Yuk buruan daftar.


(uda)