Serba-Serbi MotoGP

Mugello dan Catalunya Ditunda, MotoGP 2020 Belum Ada Titik Mulai

Balapan MotoGP 2020 tidak jelas kapan dimulai, terbaru Seri Mugello dan Catalunya resmi ditunda. autosport
Balapan MotoGP 2020 tidak jelas kapan dimulai, terbaru Seri Mugello dan Catalunya resmi ditunda. autosport

Autogear.id: Penundaan jadwal MotoGP 2020 semakin panjang setidaknya hingga pertengahan Juni mendatang. Pasalnya dua tuan rumah yakni MotoGP Italia (Mugello) dan MotoGP Spanyol (Catalunya) resmi ditunda. 

Hal ini dikonfirmasi oleh pihak promotor Dorna Sports bersama FIM, Selasa (7/4/2020). "FIM, IRTA dan Dorna Sports dengan menyesal mengumumkan penundaan Gran Prix Italia dan Grand Prix Catalunya. Wabah korona virus yang masih mengancam mewajibkan kedua acara untuk dijadwal ulang," jelas keterangan resmi dikutip dari situs resmi MotoGP. 

Jadwal MotoGP 2020 belum sempat berlangsung sama sekali. Seri pembuka di Qatar dibatalkan, kemudian putaran berikutnya di Thailand, Amerika, Argentina, Spanyol (Jerez) dan Prancis ditunda, ditambah sekarang Italia (Mugello) dan Spanyol (Catalunya). 

Sebelumnya, seri Mugello dijadwalkan berlangsung tanggal 29-31 Mei, sedangkan race di Catalunya pada tanggal 5-7 Juni 2020 juga cukup ditunggu, pasalnya Lorenzo tampil sebagai wild card. 

Usai pengumuman penundaan ini, pihak penyelenggara MotoGP akan secepatnya merilis revisi jadwal yang baru. "Kalender yang direvisi akan diterbitkan segera setelah tersedia," lanjut Dorna. 

Untuk sementara balapan pembuka MotoGP 2020 diplot di Grand Prix Jerman, sirkuit Sachsenring pada tanggal 21 Juni. Seperti biasanya, belum ada jaminan 100 persen GP Jerman akan benar-benar terselenggara. 

Beberapa hari lalu, CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta menargetkan MotoGP 2020 cukup digelar sebanyak 10 balapan. Dengan penundaan yang sudah memasuki semester kedua, sepertinya rencana 10 balapan ini menjadi opsi terbaik.


(uda)