7 Langkah Mudah Merawat Pintu Geser pada Mobil

Foto: Ist
Foto: Ist

Autogear.id - Kendati tidak banyak pilihan varian mobil yang menggunakan sliding door atau pintu geser, namun jenis tersebut tetap ada. Dan biasanya digunakan pada model-model Multi Purpose Vehicle (MPV). 

Adapun jenis pintu ini pada mobil tentu punya komponen dan sistem mekanis yang berbeda, dibanding pintu mobil pada umumnya. Situs resmi Mobil88 mengatakan, model pintu ini tentu saja memerlukan perawatan, agar selalu bisa berfungsi dengan baik.

Berikut, 7 langkah mudah dalam merawat pintu geser pada mobil:

1. Jaga kondisi rel dan bearing

Pintu geser pada mobil menggunakan bearing dan rel. Dua bagian itu kerap mengalami masalah, karena sering dibuka tutup. Hendaknya pemilik kendaraan rajin, secukupnya melumasi atau memberi gemuk (grease) tanpa kandungan oli.

2. Pastikan area rel bersih

Salah satu masalah yang juga kerap terjadi pada pintu geser adalah macet, tak mau terbuka atau menutup. Umumnya disebabkan karena rel banyak dihinggapi kotoran. 

Bearing menjadi kotor dan macet. Bersihkan rel dengan lap bersih, sapu atau kompresor kecil. Semprotkan cairan khusus, untuk membersihkan roller pada bearing.

3. Perhatikan karet pintu

Pintu geser memiliki karet, berfungsi menghalau air masuk, mencegah hawa panas, atau menepis kotoran. Masalah yang sering terjadi pada karet pintu adalah risiko getas atau retak karena usia.  

4. Buka pintu sesuai keperluan

Pengguna mobil sebaiknya tak terlalu lama biarkan sliding door terbuka. Karena berpotensi membuat debu gampang menempel di rel atau bearing, membuat pintu sulit digeser. Usahakan bila menggeser pintu, bukalah sampai penuh dan jangan hanya buka setengah.

5. Hindari benturan keras

Jangan biarkan pintu geser terkena benturan, atau membuka dan menutupnya terlalu kencang. Bukan tak mungkin bisa mengalami rusaknya sejumlah part. Seperti bagian pengait rel, pintu dan lainnya, lantaran posisinya mengalami pergeseran.

6. Keringkan jika terkena air

Apabila terkena air, seperti dibuka dalam kondisi hujan atau sewaktu dicuci. Air pun masuk lewat celah-celah sempit, walaupun jumlahnya mungkin tidak banyak.

Pemilik mobil harus segera mengeringkannya, dengan menggunakan kanebo atau lap kering. Agar air tak terlalu lama bercokol di area sensitif.

7. Biarkan motor elektrik bekerja

Jikalau menggunakan pintu geser elektrik, sebaiknya jangan menghentikan laju pintu, ketika sedang beroperasi. Hal tersebut dapat merusak motor elektrik, menjadikan pintu tak berfungsi.


(acf)