Honda Produksi NSX Type S Edisi Terakhir, Hanya 350 Unit di Dunia

Honda NSX Type S (Foto: Honda Motor Corp.)
Honda NSX Type S (Foto: Honda Motor Corp.)

Autogear.id - Secara resmi dan untuk pertama kalinya di dunia, Honda merilis model terakhir yang diproduksi dari NSX Type S generasi kedua. Model perpisahan ini juga dilengkapi peningkatan performa, serta desain yang lebih agresif.

Honda NSX Type S generasi kedua ini merupakan model mobil spesial yang dibuat, sebagai ungkapan terima kasih Honda kepada konsumennya. Puncak dari rangkaian pengembangan Honda NSX generasi kedua, maka model ini juga didesain khusus untuk membuat konsumen merasakan kesenangan dalam berkendara.

Selain itu, NSX Type S juga menjadi lebih menarik, karena mengedepankan karakter sebuah mobil super sport dengan warna matte baru. Dimana warna tersebut akan menjadi warna terbatas. NSX Type S ini sejatinya hanya akan tersedia 350 unit di seluruh dunia, dengan pembagian 320 unit di luar Jepang dan 30 unit di Jepang.

Namun sayangnya, PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen tunggal pemegang merek (ATPM) Honda di Indonesia tidak akan menghadirkan Honda NSX Type S di Tanah Air. Seperti diungkapkan Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director HPM saat jumpa pers virtual Honda Racing Simulator Championship (HRSC) 2, Senin (9/8/2021).

“Honda NSX Type S itu kita tidak akan pernah memasarkan di Indonesia melalui ATPM. Jadi, kami tidak ada rencana memasukkan ke Indonesia secara resmi, memang dari dulu kita enggak pernah menjual NSX,” tegasnya.

Ia menilai pangsa pasar mobil sport di Indonesia tidak besar, sehingga dianggap tidak memungkinkan menjual NSX di Indonesia secara resmi. “Kalau mau dijual kita lihat pasarnya bagaimana. Jadi memang tidak ada rencana jual mobil itu di sini,” sambung Billy.

Selama ini pabrikan Honda mengklaim NSX merupakan simbol dari tantangan Honda, untuk menawarkan mobil super sport yang dapat dinikmati dalam berbagai situasi. Mulai dari aktivitas sehari-hari, hingga berkendara di sirkuit. 

Model pertama Honda NSX mulai dijual pada tahun 1990. Sampai akhirnya mobil ini telah diterima dengan baik oleh konsumen di seluruh dunia. Mereka menilai NSX sebagai mobil generasi sport mid-ship, yang menggabungkan teknologi canggih untuk mencapai performa bertenaga dan kesenangan dalam berkendara.

Seiring waktu berjalan, Honda NSX generasi pertama kemudian mengalami pengembangan lagi. Melalui kehadiran Type S dan Type R. Honda NSX generasi pertama diproduksi dan dijual hingga tahun 2005.

Selang beberapa tahun kemudian, tepatnya pada Agustus 2016, Honda NSX generasi kedua kembali diluncurkan dan dipasarkan. Mengadopsi sistem 3-motor hybrid Honda ‘Sport Hybrid SH-AWD® (Super Handling-All Wheel Drive)’. Untuk semakin menciptakan relasi yang kuat antara pengemudi dan mobilnya.


(acf)