Industri Otomotif

Honda Sabet Penghargaan atas Inovasi Penjualan Online

Honda fokuskan penjualan online selama masa pandemi. hpm
Honda fokuskan penjualan online selama masa pandemi. hpm

Autogear.id: Honda meraih “Marketing Continuity Brand” pada ajang The 2nd Marketeers iClub yang digelar oleh MarkPlus, Inc. dan Marketeers. Penghargaan ini diberikan atas inovasi Honda dalam hal penjualan mobil secara online di tengah pandemi Covid-19. 

Meskipun secara umum penjualan mobil di Indonesia turun pada bulan April dan Mei 2020, namun tren penjualan mobil-mobil Honda via jalur online justru meningkat. Hingga akhir bulan Mei lalu, tercatat lebih dari 20 persen dari total penjualan mobil Honda di Indonesia dilakukan secara online. Jumlah tersebut jauh meningkat dibanding kondisi pada akhir tahun 2019 lalu yang masih di bawah 5% dari seluruh total penjualan. 

Public Relations & Digital Manager, PT Honda Prospect Motor (HPM) Yulian Karfili mengatakan selama masa pandemi ini, fokus Honda adalah terus memberikan layanan untuk memudahkan konsumen dari sisi penjualan maupun purna jual. 

"Terutama dalam kondisi pembatasan sosial yang mengharuskan konsumen tetap tinggal di rumah. Karena itu, jalur digital menjadi sarana yang paling tepat untuk menjalin komunikasi dengan konsumen pada saat ini," kata Yulian Karfili dalam keterangan resminya. 

Untuk mendukung penjualan secara online, Honda mengandalkan platform website dimana konsumen bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai produk, harga, dealer serta program penjualan yang berlaku. 

Untuk melengkapi pengalaman seperti layaknya di showroom, konsumen juga dapat melihat eksterior dan interior mobil dengan tampilan 360 derajat, memilih warna, serta menambahkan berbagai aksesoris dalam format 3 dimensi. Melalui website, konsumen juga dapat mengunduh brosur atau meminta dihubungi oleh dealer jika berminat untuk mencari informasi lebih lanjut.  

Honda juga menawarkan program “Beli Honda di Rumah Aja”. Untuk setiap pembelian Honda Mobilio dan Honda BR-V yang dilakukan secara online, konsumen akan mendapatkan gratis cicilan sebanyak 3 bulan, serta bonus gratis biaya perawatan berkala (Jasa + parts s/d 50.000 km atau 4 tahun) khusus untuk pembelian Honda Mobilio, Honda BR-V, Honda CR-V dan Honda Jazz.

Untuk semakin memudahkan konsumen melakukan transaksi secara online, Honda juga menggandeng beberapa situs e-commerce, yaitu Blibli dan Tokopedia dengan membuka toko resmi (official store) di kedua eCommerce tersebut.

Sejak adanya wabah Covid-19, hampir semua pabrikan fokuskan penjualan kendaraan lewat jalur digital. Hal ini juga diterapkan oleh Toyota, Suzuki, Daihatsu, dan lain-lain.


(uda)