Pameran Otomotif

Seseruan 24 Merek Kendaraan di GIIAS Surabaya 2023

GIIAS Surabaya resmi dibuka oleh Dirjen ILMATE didampingi pejabat daerah dan Ketua GAIKINDO. SE
GIIAS Surabaya resmi dibuka oleh Dirjen ILMATE didampingi pejabat daerah dan Ketua GAIKINDO. SE

Autogear.id - Perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya resmi dibuka, Rabu (20/9/2023). Pameran otomotif yang menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat pecinta dan pegiat, serta pelaku industri otomotif ini dibuka oleh Menperin RI yang diwakili Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, Taufiek Bawazier.

Taufik juga didampingi Gubernur Jawa Timur (Jatim) yang diwakili Asisten 1 Provinsi Jatim, Benny Sampirwanto, dan Dirjen Perhubungan Darat, Hendra Sugiatno, dalam membuka kegiatan yang akan berlangsung pada 20-24 September 2023, di Grand City Convex, Surabaya.

Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi dalam sambutannya menyampaikan, apresiasi tertinggi kepada Kemenperin atas arahan, dukungan dan kebijakan yang diberlakukan. Sehingga tahun ini industri kendaraan bermotor dapat kembali memamerkan pencapaian dan inovasi terbaru lewat GIIAS. 

“Perhelatan ke-8 GIIAS Surabaya tahun ini memberikan kesan khusus, dimana lewat penyelenggaraannya, kami ingin menghadirkan inovasi terkini dari industri kendaraan bermotor Indonesia. Serta memberikan edukasi yang tepat untuk masyarakat, agar menjadi dorongan bagi potensi industri otomotif di Jatim," jelasnya.

Baca Juga:
Beda dari Pejabat Lain, Ini Koleksi Kendaraan Capres Anies Baswedan

Nangoi juga menyampaikan, kehadiran inovasi kendaraan bermotor terbaru pada GIIAS Surabaya 2023 kiranya dapat memenuhi atusiasme masyarakat Jatim. Pihaknya telah mempersiapkan berbagai program untuk memberikan informasi, edukasi dan pengalaman yang tepat. “Termasuk untuk kendaraan berbasis listrik, dengan tujuan akhir agar GIIAS Surabaya dapat mendorong, dan ikut mempercepat terbangunnya ekosistem industri kendaraan listrik di Indonesia,” ungkapnya.

Sementara Benny Sampirwanto dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada Gaikindo atas terselenggaranya pameran GIIAS 2023. “Saya mewakili Ibu Gubernur, pada kesempatan ini menyampaikan selamat dan dukungan atas terselenggaranya GIIAS 2023. Semoga melalui kegiatan ini, industri kendaraan bermotor dalam negeri, terutama Jatim, semakin dikenal masyarakat,” jelas Benny.

“Bapak Menperin menyampaikan apresiasi kepada pihak penyelenggara, seluruh pimpinan pabrikan otomotif yang telah hadir, serta menjadi bagian dari GIIAS tahun ini. Merupakan pameran tingkat dunia, menunjukkan kalau Indonesia sudah ekspor hampir ke-100 negara dengan didukung pameran internasional ini,” urainya.

Total 24 merek kendaraan bermotor berpartisipasi dalam GIIAS Surabaya. Terdiri dari 16 merek kendaraan penumpang, yaitu Audi, Chery, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, KIA, Lexus, Mazda, Mitsubishi Motors, Nissan, Seres, Suzuki, Toyota, Volkswagen, dan Wuling. Serta 8 merek dari kendaraan roda dua, yaitu Gova, Piaggio, Vespa, Aprilia, Moto Guzzi, Polytron, Royal Enfield dan United E-Motor. Selain itu merek-merek industri pendukung otomotif juga akan meramaikan penyelenggaraan GIIAS Surabaya.

Baca Juga:
Ribuan Bikers Geruduk FDR Day Bandung, Gelorakan Semangat Jabar Juara!

GIIAS Surabaya dibuka mulai pukul 11.00 – 21.00 WIB pada hari kerja, dan 10.00 – 21.00 WIB pada akhir pekan. Tahun ini pengunjung diberi kemudahan untuk menentukan pilihan pembelian tiket masuk. Bisa lewat online melalui aplikasi Auto360, atau langsung onsite pada area pameran.

Untuk pembelian tiket onsite, pada saat weekdays (Rabu-Jumat) adalah Rp30.000, pada weekend (Sabtu-Minggu) seharga Rp40.000. Sedang untuk pembelian tiket online GIIAS Surabaya pada aplikasi Auto360, untuk weekdays (Rabu-Jumat) adalah Rp20.000, pada weekend (Sabtu-Minggu) Rp30.000.


(uda)