Komunitas Otomotif

Ribuan Bikers Geruduk FDR Day Bandung, Gelorakan Semangat Jabar Juara!

FDR manjakan komunitas otomotif dengan cara unik. FDR Day
FDR manjakan komunitas otomotif dengan cara unik. FDR Day

Autogear.id – Ribuan bikers berkumpul memadati area GOR Saparua Park, Bandung, Jawa Barat (Jabar) pada hari Minggu yang cerah (17/9/2023). Mereka hadir dalam rangka memeriahkan ajang kumpul komunitas FDR Day, yang diinisiasi oleh produsen ban FDR. Kegiatan FDR Day sendiri merupakan event tahunan, yang sudah berlangsung untuk ke-4 kalinya ini. Di mana event FDR Day pertama berlangsung di Kota Batu, Malang, Jawa Timur. 

Lalu yang kedua diselenggarakan di Kota Tangerang, ketiga di Kota Yogyakarta dan keempat di Kota Bandung, Jabar. Mengusung tema yang menyesuaikan, lantaran bertepatan menjelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Bandung ke-213. “Menyambut HUT Kota Bandung ke-213, kami mengusung tema pada FDR Day kali ini yaitu “Jabar Juara, FDR Jawara”,” kata Direktur PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) selaku produsen ban FDR, Zandhy Utama, di GOR Saparua, Bandung, Jabar (17/9/2023).

Selain itu, masih mengusung nilai-nilai dari “FDR Riding Culture,” yakni Safe, Care dan Respect, tahun ini kegiatan juga masih dimeriahkan konten city rolling. Melibatkan tak kurang 100 bikers perwakilan dari 100 komunitas motor lintas merek, berkendara mengelilingi sejumlah ruas jalan di kota yang mendapat julukan Paris Van Java ini. 

Terkait konten city rolling dan kegiatan lainnya, ditambahkan Promotion Dept. Head PT SRI, Elsafan Rendianto, bahwasanya semua bikers yang terlibat dalam acara senantiasa mengedepankan keselamatan berkendara. Mengenakan safety gear dan mengikuti aturan lalu lintas saat iring-iringan motor. 

Baca Juga:
Beda dari Pejabat Lain, Ini Koleksi Kendaraan Capres Anies Baswedan

“Kita juga harus selalu mengedepankan nilai respect. Karena meskipun diikuti oleh berbagai perwakilan komunitas motor, tapi semua bisa saling menghormati, dan city rolling ini bisa berjalan aman serta lancar,” jelas Rendi. 

Bukan hanya dimeriahkan kumpulan bikers dan aktivitas berkendara motor, kegiatan juga disemarakkan kompetisi sepeda BMX, 3 on 3 basketball dan kompetisi skater menggunakan papan skate board. Pengunjung juga dihibur oleh pertunjukkan freestyle motor, fire dance, dan kesenian tradisional. 

Semaraknya games komunitas dan kompetisi IG reels, menambah sumringah bikers yang hadir. Pengunjung yang tidak dikenai biaya speserpun untuk hadir tampak berbondong-bondong meramaikan lokasi acara. Terlihat banyak pula yang mendaftar di kelas safety riding dan melakukan aksi donor darah. 

Setelah itu, mereka menikmati berbagai jajanan di area UMKM, foodtruck atau pop up market. Mempermudah transaksi jual beli yang dilakukan, Astra Pay memfasilitasi pembuatan QRIS untuk para pelaku usaha di dalam kegiatan. Bukan hanya sekadar kumpul-kumpul bikers, produsen ban yang mengklaim diri 100% produksi dalam negeri ini juga memberikan donasi meja dan bangku untuk UMKM yang ada di daerah Saparua Park. 

Baca Juga:
Tak Khawatir Tahun Politik, Distrik Otomotif PIK 2 Siap Tancap Gass!

“Kami lihat UMKM yang berjualan di area tersebut selama ini selalu menjaga kebersihan. Sehingga kami terdorong memberikan bantuan berupa meja dan bangku. Agar pembeli dari para UMKM tersebut bisa nyaman, dan diharapkan usaha para UMKM ini ke depannya semakin bertambah ramai pembeli,” kata Rendi.

Memasuki malam hari, tibalah di puncak acara FDR Day 2023. Mengundi grand prize 1 unit motor Honda CB150X, yang diraih seorang perempuan bernama Safira Nurzahrah. Performa dari band lawas papan atas tanah air, Jamrud, membuat hingar bingar suasana puncak acara, menjadi semakin hangat dan berkesan.


(uda)