Isu MotoGP 2022

Juara Dunia WSBK Belajar Tunggangi Yamaha M1?

Toprak Razgatiouglu melakukan tes Yamaha M1 bersama Cal Crutchlow di Sirkuit Motorland Aragon, Spanyol. TR
Toprak Razgatiouglu melakukan tes Yamaha M1 bersama Cal Crutchlow di Sirkuit Motorland Aragon, Spanyol. TR

Autogear.id - Menunggangi motor dari ajang balap berbeda, tentu akan berbeda feeling. Bukan hanya karena perbedaan regulasi, namun juga perbedaan secara spesifikasi kendaraan yang digunakan. Kali ini sang juara dunia World Superbike Championship (WSBK) 2021 yaitu Toprak Razgatiouglu mencoba tantangan Yamaha untuk menunggangi Yamaha YZR-M1.

Ia dipandu langsung oleh test rider Yamaha yaitu Cal Crutchlow yang menjelaskan secara teknis apa saja yang harus Ia adaptasikan dan cara menunggangi motor itu dari awal. Tentu tujuannya bukan untuk menggurui, tapi agar Toprak bisa lebih cepat beradaptasi dengan motor tersebut.

Mengambil lokasi di Sirkuit Motorland Aragon, Spanyol pada Rabu (22/6/2022), pembalap berdarah Turki itu menyatakan bahwa cara mengendarai motor ini memang butuh pembedaan. Misalnya saat melibas titik-titik sirkuit yang dipenuhi bagian bergelombang, pembalap harus tetap membuka gas. 

"Karena ketika Anda tutup gas, motor malah jadi tidak stabil dan ini berpotensi untuk membuat pembalap terjatuh. Tentu sangat menyenangkan bisa melakukan tes menggunakan M1 ini, meski waktunya sangat terbatas, tapi saya senang bisa diberikan kesempatan untuk melakukan uji coba ini," bangga Toprak usai melakukan sesi tes tersebut.

Baca Juga:
Siap Tampung Penonton MXGP 2022, KRI Banjarmasin 592 Siapkan 220 Kamar

Sayangnya, untuk memulai karirnya di Yamaha untuk 2023, sepertinya takkan terjadi. Mengingat tim pabrikan Yamaha di ajang balap MotoGP itu masih mengikat dua pembalap utamanya yaitu Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli. Setelah 2023 tentu ada peluang, namun Ia pastinya harus menunjukkan hasil positif dengan sesi tes yang ada.

Lalu bagaimana pula peluangnya untuk bergabung dengan tim satelit Yamaha nantinya? Sepertinya itu akan sulit terwujud. Mengingat nantinya tim VR46 diisukan bakal menggunakan Yamaha, dipastikan bakal memasukkan pembalap-pembalap hasil didikan sekolah balap yang bermarkas di Tavullia, Italia itu.

Pertanyaannya adalah jika Toprak berhasil tampil kompetitif di sesi tes selanjutnya, apakah Ia cukup bernyali untuk bertarung di ajang balap MotoGP setelah 2023 jika Ia ditawari kontrak oleh Yamaha di tim tersebut? Kita lihat saja nanti.


(uda)