Serba-Serbi MotoGP 2022

Siap Investasi Besar, Alasan Quartararo Setia di Tim Yamaha Hingga 2024

Fabio Quartararo sepakat perpanjang kontrak bersama Yamaha selama 2 tahun ke depan. FQ
Fabio Quartararo sepakat perpanjang kontrak bersama Yamaha selama 2 tahun ke depan. FQ

Autogear.id - Meraih hasil bagus bersama sebuah tim balap di sebuah ajang balap memang jadi hal yang sangat menyenangkan dan membawa emosional besar bagi sang juara. Namun akan lain ceritanya jika tim balap itu mulai terlihat kedodoran dari tim balap lainnya, terutama di soal performa kendaraan yang mereka pasok buat pembalap tersebut.

Hal inilah yang dirasakan pembalap tim Yamaha MotoGP, Fabio Quartararo di musim kompetisi 2022. Performanya merosot lantaran motor yang begitu kompetitif. Kalah hampir di semua sisi, membuatnya ambigu dalam mengambil keputusan. Namun sepertinya keambiguan itu terjawab sudah. Lantaran Ia baru saja menandatangani perpanjangan kontrak balapnya hingga 2024.

"Senang rasanya mengumumkan perpanjangan kontrak dengan Yamaha. Saya masih akan tetap di tim ini selama dua tahun ke depan. Sejak awal Yamaha sudah percaya kepadaku dan ini diluar ekspektasi orang-orang. Ini bukan hal mudah juga bagiku. Tapi keputusan ini adalah keputusan besar bagiku. Makanya butuh waktu untuk memutuskan lebih lama dari perkiraan awal," ujar Quartararo. 

Ia melanjutkan bahwa proyek Yamaha di MotoGP bukan hal yang main-main. Mereka sangat termotivasi untuk memberikan yang terbaik dan akhirnya keduanya sepakat untuk bekerja sama untuk dua tahun ke depan. Sehingga Ia bisa lebih fokus berkompetisi tahun ini untuk mempertahankan posisinya sebagai peraih titel juara dunia.

Baca Juga:
Ogah Kalah dengan Rival Senegara, EV Ini Ikut Nyemplung ke KTT G20 Bali

Managing Director Yamaha MotoGP, Lin Jarvis menganggap bahwa keputusan mereka untuk menjaga Quartararo memang sudah semestinya dilakukan. Mengingat pembalap asal Prancis itu jadi satu-satunya pembalap yang mampu tampil kompetitif di MotoGP saat ini. 

"Pencapaian Quartararo selama ini menjadi ulasan penting bagi kami. Kami sepakat untuk memberikan upaya 100 persen agar Ia bisa tampil kompetitif. Tentu Yamaha pun akan senang hati melakukan investasi besar agar pengembangan motor bisa tetap kompetitif. Juga untuk alasan agar kami bisa mempertahankan potensi juara dunia beberapa musim ke depan," jelas Jarvis.

Sementara untuk rekan setim Quartararo yaitu Franco Morbidelli masih berada di tahun perdananya di tim tersebut setelah menjalin kontrak 2 tahun. Kondisi ini bisa membuat Yamaha bisa lebih fokus untuk menjuarai titel juara dunia tahun ini. 

Skuad Balap MotoGP dan Kontrak Pembalap:
Repsol Honda:
Marc Marquez (End of 2024)
Pol Espargaro (End of 2022)

Monster Yamaha:
Franco Morbidelli (End of 2023)
Fabio Quartararo (End of 2024)

Ducati Lenovo:
Jack Miller (End of 2022)
Francesco Bagnaia (End of 2024)

Suzuki:
Alex Rins (End of 2022)
Joan Mir (End of 2022)

Aprilia:
Aleix Espargaro (End of 2024)
Maverick Vinales (End of 2024)

Red Bull KTM:
Miguel Oliveira (End of 2022)
Brad Binder (End of 2024)

Gresini Ducati:
Fabio di Giannantonio (End of 2022)
Enea Bastianini (End of 2022)

RNF (switching from Yamaha to Aprilia):
Andrea Dovizioso (End of 2022, Yamaha contract)
Darryn Binder (End of 2022, Yamaha contract, option for 2023)

Tech3 KTM:
Remy Gardner (KTM contract, end of 2022)
Raul Fernandez (KTM contract, end of 2022)


(uda)