Tips Perawatan Motor

Jangan Cuma Diinjak-Injak, Bagian Motor Ini Juga Perlu Dirawat

Dek motor adalah bagian yang harus tetap dirawat meski terlihat sepele, lantaran ini berkenaan dengan kenyamanan berkendara. AG-Alun
Dek motor adalah bagian yang harus tetap dirawat meski terlihat sepele, lantaran ini berkenaan dengan kenyamanan berkendara. AG-Alun

Autogear.id – Dari sekian banyaknya komponen yang terdapat pada sebuah motor matik, sepertinya bagian ini seringkali luput dari perhatian terkait perawatan. Padahal komponen ini berperan penting, sebagai pijakan kaki pengendara, juga untuk membawa barang-barang. Ya, dek motor merupakan salah satu bagian motor yang jarang diperhatikan oleh pemilik dan pengguna motor. 

Padahal tanpa disadari, di samping sering diinjak-injak, banyak hal yang bisa dilakukan oleh dek motor. Seperti membawa barang dari yang skala kecil, sampai barang bermuatan besar. Seiring pemakaian motor, bagian dek juga mudah menjadi kusam dan tampak dekil serta kurang sedap dipandang.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan dalam merawat komponen yang satu ini. Seperti tips merawat dek motor yang dipersembahkan PT Thamrin Brothers, main dealer motor dan suku cadang Yamaha untuk wilayah Sumatera Selatan dan Bengkulu. 

1. Parkir Motor di Tempat Teduh
Apabila kita usai bepergian menggunakan motor, usahakan untuk memarkir motor di tempat yang tertutup atau teduh. Jika kita memarkir motor di tempat terbuka, berisiko terkena panas dan hujan secara langsung. Sehingga membuat bagian dek motor jadi lebih cepat kusam atau pudar warnanya.

Baca Juga:
Hasil Manis Pembalap Muda Honda di Ajang TTC 2023

2. Hindari Bawa Barang Berlebih
Diketahui selama fungsi motor selain sebagai sarana transportasi, juga berguna untuk membawa barang bawaan. Apalagi jelang musim mudik Lebaran tahun ini, banyak pengguna motor membawa barang menuju kampung halaman, diletakkan di atas dek motornya.

Perlu diingat, terdapat standar maksimum barang bawaan dari setiap kendaraan bermotor. Bila bawa barang berlebih, selain membahayakan diri sendiri juga pengendara lainnya. Bukan hanya volumenya, perlu juga diperhatikan barang-barang bersudut tajam. Benda tajam bisa berdampak langsung ke dek motor, seperti membuat baret halus hingga yang cukup dalam.

3. Rajin Mencuci Motor
Saat musim penghujan, lakukan pencucian motor secara rutin untuk menjaga penampilan dan kenyamanan ketika dikendarai. Khusus merawat dek motor setelah dicuci, pengguna bisa menggunakan cairan khusus pewarna hitam. Supaya warna dek selalu terjaga dan dalam kondisi terbaik.

4. Gunakan Alas atau Karpet Dek
Bukan sekadar buat gaya-gayaan atau mendongkrak penampilan. Menggunakan alas atau karpet dek juga dapat melindunginya dari gesekan atau goresan. Ditambah lagi dapat meningkatkan kenyamanan pengguna motor.

Baca Juga:
Siap-Siap Berburu Kendaraan Listrik Pasca Lebaran!

5. Manfaatkan Lap Tebal Penyerap Air
Penggunaan lap tebal yang menyerap air ini umumnya digunakan setelah motor beserta bagian deknya dicuci. Merupakan cara paling mudah untuk dilakukan dalam merawat dek motor. Tujuannya untuk membuang kotoran dan sisa-sisa air yang bertengger di dek motor. Terlebih ketika motor habis terkena siraman air hujan.


(uda)