Kendaraan Listrik

Siap-Siap Berburu Kendaraan Listrik Pasca Lebaran!

Pameran otomotif khusus kendaraan listrik bakal segera digelar Mei, silakan berburu di sana! AG-Alun
Pameran otomotif khusus kendaraan listrik bakal segera digelar Mei, silakan berburu di sana! AG-Alun

Autogear.id – Kendaraan listrik kian populer saja. Bisa dilihat dari semakin banyak populasi jenis kendaraan ini yang lalu-lalang di jalan raya. Bukan hanya kendaraan roda dua, namun juga kendaraan roda empat. Bahkan pameran otomotif yang beberapa tahun lalu hanya menampilkan kendaraan listrik dalam bentuk kendaraan konsep, kini sudah mulai banyak dijual. 

Salah satunya Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (PERIKLINDO) yang ingin konsisten memasyarakatkan kendaraan listrik di Indonesia melalui PERIKLINDO Electric Vehicle Show (PEVS) 2023 yang bakal berlangsung pada 17-21 Mei 2023 mendatang. Ini disesuaikan dengan program pemerintah yang tertuang dalam PERPRES No.5 tahun 2019.

Misi besar yang ingin dicapai dalam perhelatan PEVS 2023 adalah melalui Program Business to Government (B2G). Tujuannya adalah menciptakan ekosistem yang lebih cepat untuk mendukung pelaku bisnis kendaraan listrik dengan pemerintah dalam mempermudah pemenuhan kebutuhan kendaraan listrik dalam berbagai kegiatan operasionalnya. 
 
"Ada PERPRES, INPRES dan yang terakhir Permenkeu. Hal ini menunjukkan bahwa pemerintah semangat untuk memajukan industri kendaraan listrik di Indonesia. Ini sekaligus bentuk pemenuhan tanggung jawab pemerintah kepada rakyat agar semakin sehat dengan udara yang bersih. Sehingga usia harapan hidup lebih panjang. Kami juga berharap agar insentif kendaraan listrik dari Pemerintah dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat,” sambut Ketua Umum PERIKLINDO sekaligus Kepala Staf Kepresidenan RI, Moeldoko pekan lalu.di Jakarta Selatan (6/4).

Baca Juga:
Libas Tanjakan Pakai Mobil? Hindari Lakukan Hal Ini!

 
Di momen tersebut juga turut hadir Presiden Direktur Dyandra Promosindo, Daswar Marpaung. Menurutnya, PEVS 2023 merupakan bentuk nyata mendukung Peraturan Presiden (PERPRES) nomor 55 tahun 2019 mengenai percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan.
 
“Tahun ini merupakan penyelenggaraan PEVS yang kedua, setelah sukses berlangsung tahun lalu. Ada beberapa hal yang perlu dicatat kenapa kami antusias sekali, karena penjualan kendaraan listrik itu sangat baik pada saat perhelatan IIMS 2023. Atas dasar itulah kami berharap penjualan mobil listrik kali ini akan berhasil. Apalagi ini disediakan khusus untuk kendaraan listrik, sehingga kami sangat optimis bahwa penerimaan kendaraan listrik," pungkas Daswar.
 
Selaku perusahaan penyedia energi listrik satu-satunya di Indonesia, Perusahaan Listrik Negara (PLN) turut memberikan dukungan bagi perkembangan ekosistem elektrik di Indonesia melalui pameran ini. Executive Vice President Pengembangan Produk Niaga PT PLN (Persero), Ririn Rachmawardini menegaskan bahwa mereka sudah siap menyambut era elektrifikasi di Indonesia. Salah satunya menyiapkan SPKLU untuk kebutuhan charging kendaraan di jalan umum. 

“Kami berharap kita sama-sama bekerja untuk menciptakan ekosistem elektrik agar kendaraan elektrik semakin diterima oleh masyarakat Indonesia. Kami di BUMN akan berkolaborasi dan bekerja sama salah satunya dengan dealer atau himpunan bank negara (himbara) agar kami dapat menyiapkan home charging bagi para pembeli kendaraan listrik,” ujar Ririn. 

Baca Juga:
Kontes Safety Riding Advisor Tetap Seru Meski Puasa!

 
Dyandra Promosindo selaku penyelenggara optimis pameran ini menargetkan lebih dari 30.000 pengunjung selama 5 hari penyelenggaraan dengan target kepesertaan lebih dari 80 brand dan target transaksi lebih dari 285 Miliar Rupiah.


(uda)