Komunitas Otomotif

Kejar Zero Accident, Ratusan Bikers HOG Anak Elang Asah Skill

HOG punya konsen khusus dengan keselamatan berkendara di jalan raya, mereka pun ikut sesi pelathian keselamatan berkendara. HOG
HOG punya konsen khusus dengan keselamatan berkendara di jalan raya, mereka pun ikut sesi pelathian keselamatan berkendara. HOG

Autogear.id – Komitmen dan konsistensi komunitas motor dalam mengedepankan keselamatan berkendara di jalan raya senantiasa dilakukan. Salah satunya dilakukan oleh Harley Owners Group (H.O.G) Anak Elang Jakarta Chapter.
 
Komunitas motor besar ini kembali melakukan pelatihan safety riding bagi anggotanya. Sebuah kegiatan rutin yang ketika sebelum pandemi diadakan setiap enam bulan sekali. Kali ini pelatihan safety riding kembali diadakan, setelah satu tahun berselang sejak kali terakhir grup ini melaksanakan safety riding course, yaitu akhir tahun 2021 kemarin.
 
"Kegiatan pelatihan safety riding menarik dan penting, karena menyangkut keselamatan berkendara. Bagaimana mengendalikan motor besar, karena tidak semua orang bisa mengendalikannya. Perlu keterampilan yang harus terus ditingkatkan dan diperbaharui," kata Pembina H.O.G Anak Elang Jakarta Chapter, Laksamana Muda TNI Dwi Sulaksono, di lokasi safety riding course H.O.G Anak Elang Jakarta Chapter, area parkir Transmart, Jl. MT. Haryono, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.
 
Wakil Direktur H.O.G Anak Elang Jakarta Chapter, Herry Bachtiar yang hadir mewakili Direktur H.O.G Anak Elang Jakarta Chapter, Suherli menyemangati para peserta, terutama anggota muda yang ikut pelatihan. "Dalam pelatihan safety riding, jangan takut melakukan kesalahan. Karena ini saatnya untuk belajar," tutur Herry, seraya mengatakan kalau kegiatan ini menjadi komitmen H.O.G Anak Elang untuk menjadi pelopor keselamatan berkendara.

Baca Juga:
Tak Puas Menangi Race 1, Veda Genapkan Kemenangan di Mandalika

 
Ketua Panitia Kegiatan, Hari Gunawan menyampaikan, kegiatan yang mengusung tagline ‘Great Riders Are Not Born, They're Made’ ini tentunya tak cukup hanya sekali pelatihan. "Tujuan pelatihan safety riding adalah untuk meningkatkan keterampilan, terutama untuk anggota baru. Agar dapat mengetahui cara berkendara dengan aman, sehingga harapannya akan mencapai ‘zero accident’ dalam setiap kegiatan,” tukasnya.
 
Tak kurang 120 bikers mengikuti pelatihan H.O.G Anak Elang Jakarta Chapter. Selain teori, peserta mengikuti pelatihan secara praktik. Berupa pelatihan teknik pengereman, percepatan, melewati tikungan, hingga berkendara dengan kecepatan rendah. Sejumlah bikers muda terlihat antusias mengikuti kegiatan pelatihan ini. Termasuk salah seorang di antaranya adalah aktris Glenn Alinskie, member H.O.G Anak Elang Jakarta Chapter.
 
“Saya belajar banyak dari pelatihan safety riding ini. Mengingat membawa moge tidak mudah. Apalagi kalau harus pelan, menanjak atau melewati berbagai tikungan. Kadang ‘very tricky’, sehingga perlu ketrampilan yang harus terus diasah. Buat yang hobi motor besar, saya rekomendasikan ikut pelatihan yang besar manfaatnya ini,” kata Glenn.


(uda)