Mobil Baru

BMW X3 M & X4 M Competition Kompak Nongol di Indonesia

BMW Indonesia luncurkan X3 M Competition dan X4 M Competition sebagai bukti komitmen mereka di segmen pecinta kendaraan performa tinggi. AG - Uda
BMW Indonesia luncurkan X3 M Competition dan X4 M Competition sebagai bukti komitmen mereka di segmen pecinta kendaraan performa tinggi. AG - Uda

Autogear.id - Varian M dari BMW adalah varian performa tinggi dari setiap seri yang mereka pasarkan di pasar otomotif global. Hari ini, Kamis (7/7/2022) di BMW Eurokars, BMW Indonesia kembali menghadirkan penyegaran model untuk kendaraan performa tinggi di segmen Sports Activity Vehicle (SAV) dan Sports Activity Coupé (SAC) ukuran menengah: New BMW X3 M dan BMW X4 M. 

Kedua kendaraan ini sejak diluncurkan pada 2020 telah menetapkan tolak ukur tinggi dalam hal kedinamisan berkendara, kelincahan, dan presisi di kelasnya masing-masing. Untuk versi terbarunya, varian yang hadir tetap pasangan varian Competition: BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition yang pastinya penuhi imajinasi para pelanggan. Dengan performa mesin luar biasa dan fitur yang melimpah. 

"Hari ini BMW Indonesia mengawali perayaan 50 tahun BMW M dengan menghadirkan dua kendaraan terbarunya, New BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition,” jelas Director of Communications, BMW Group Indonesia, Jodie O’tania dalam acara peluncuran The Rebels.

Tak berbeda antusiasnya dengan Jodie, General Manager BMW Eurokars, Sivakumar Krishnan juga sangat senang dengan adanya momentum kuat mereka tahun ini. "BMW Eurokars sangat senang dapat kembali menghadirkan kendaraan performa tinggi BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition. Penyegaran yang hadir ini, jadi tolak ukur di segmen masing-masing. Ada penambahan torsi hingga 650 Nm dan untuk capai 0 ke 100 km/jam kini dapat diraih hanya dalam 3,7detik."

Baca Juga:
'Lahir' di Bekasi, Segini Harga Termurah LCGC Sigra Terbaru

BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition catatkan output sebesar 510 hp. Mesin enam silinder in-line yang baru tingkatkan torsi puncak BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition yang semula 600Nm menjadi 650 Nm. 

Kedua model Competition ini dapat melesat dari 0-100 km/jam lebih cepat lagi menjadi hanya 3,7 detik dari 4 detik di model sebelumnya. Dengan ini kemampuan mesin BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition telah setara dengan sports car. Kecepatan puncak kedua model adalah 250 km/jam yang diatur secara elektronik.

Tak hanya soal kemampuan tenaga penggeraknya yang sempurna, namun salah satu hal yang dinilai luar biasa adalah soal pengaturan setup rangka yang bisa menyesuaikan. Terutama untuk kebutuhan performa tinggi yang ingin dimaksimalkan dari mesin. Namun juga sekaligus tetap nyaman buat kebutuhan berkendara sehari-hari bersama keluarga. 

Terdapat juga tiga pengaturan yang dapat dipilih dengan satu sentuhan tombol, damper yang dikontrol secara elektronik yang khusus untuk suspensi M memungkinkan kenyamanan sehari-hari yang sangat baik dan kontak yang sangat dekat dengan jalan, dengan gerakan roda dan bodi yang rendah. 

Baca Juga:
10 Unit Mazda Sukseskan Indonesia International Marathon

Kinematika dan elastokinematika spesifik dikembangkan khusus untuk M Suspension yang ada di kendaraan ini - dengan axle depan menggunakan double-joint spring strut dan axle belakang menggunakan suspensi five-link - menghadirkan kendali roda yang presisi dan stabilitas arah yang tepat.

Di sisi kaki-kakinya, terdapat penyempurnaan yang takkan ditemukan di mobil sekelas ini. BMW M-specific steering (dengan M Servotronic dan variable-ratio) dan rem BMW M compound brakes yang kuat berukuran 395mm 4 piston di depan dan 370mm single piston di belakang. Sehingga mampu mengurangi beban rotasi roda sebesar +/- 6.5 kg. 

Tentu bukan hanya teknologi di sisi teknis saja yang mereka perbarui, namun juga fitur-fitur komunikasi di kabin hingga kenyamanan dalam berkendara, semuanya hadir di mobil ini. Termasuk model jok yang sangat sporty dan mendukung Anda yang ingin merasakan performa terbaik mobil ini.

Lalu seberapa dalam Anda harus merogoh kocek untuk membawa pulang si 'ganteng' ini? Dari keterangan resmi Jodie O'tania, bahwa BMW X3 M Competition ditawarkan dengan harga Rp2.117.000.000 dan BMW X4 M Competition berbanderol Rp2.167.000.000. Harga ini tentunya masih harga off the road alias harga yang belum dilengkapi dengan administrasi kendaraan. 


(uda)