MotoGP Portugal 2022

Pembalap Top Berjatuhan, Johan Zarco Justru Bangkit di QTT MotoGP Portugal

Johann Zarco akan mengawali MotoGP Portimao dari posisi terdepan setelah meraih hasil yang bagus di sesi kualifikasi. JZ
Johann Zarco akan mengawali MotoGP Portimao dari posisi terdepan setelah meraih hasil yang bagus di sesi kualifikasi. JZ

Autogear.id - Di saat banyak pembalap papan atas terjatuh di sesi kualifikasi karena Sirkuit Portimao di Portugal masih setengah kering pada saat berlangsungnya sesi tersebut pada Sabtu (23/4/2022), sebaliknya justru dirasakan oleh Johann Zarco. Ia sanggup memanfaatkan performa terbaik motornya dan meraih posisi pole di akhir sesi kuaifkasi kedua.

Tentu mengawali balapan dari grid start terdepan ini sangat penting baginya, mengingat dalam beberapa seri awal MotoGP 2022, Ia tak terlihat mampu bertarung di urutan terdepan lantaran kondisi yang memang berubah-ubah dengan cepat. Namun di Portimao ini, menjadi kesempatan baginya untuk bisa tampil lebih baik dari grid start pertama.

"Kami pelajari kondisi sirkuit seperti apa dan mengambil sedikit risiko dengan menggunakan ban slick di akhir sesi. Hasilnya cukup menggimbirakan dan ini menjadi kesempatan bagi saya untuk mulai pasang target tinggi di sesi balapan. Semoga pada sesi balapan nanti kondisi cuaca mendukung," sambut Zarco di parc ferme.

Tak berbeda dengan Zarco, Joan Mir yang awalnya hanya berada di barisan tengah, akhirnya sanggup meraih hasil bagus di akhir sesi. Ia meraih lap tercepat dengan selisih yang tipis dari Zarco. Namun ia mengaku masih belum puas dengan performa motornya dan akan berupaya memaksimalkan di sesi latihan pemanasan pada pagi hari MInggu.

Baca Juga:
Rea Kembali Tampil Garang di Race-1 WSBK Assen 2022

Pembalap Aprilai yang mencetak sejarah bagi tim tersebut yaitu Aleix Espargaro, kali ini kembali mampu menunjukkan performa terbaiknya. Ia merebut grid start ketiga dan memasang harapan besar untuk kembali ke posisi atas.

Sementara pemimpin klasemen pembalap yaitu Enea Bastiannini, justru mengalami nasib nahas di sesi kualifikasi pertama. Ia gagal meloloskan diri ke kualifikasi 2 bersama pembalap Ducati lainnya yaitu Francesco Bagnaia. Pecco yang awalnya diprediksi mengalami masalah tulang di bahu kanannya karena terhempas keras ke aspal, ternyata dinyatakan sehat. 

"Target saya hanya satu, yaitu bisa ikut balapan pada Minggu, setidaknya untuk mengetahui performa motor kami dan sejauh mana pengembangan yang kami lakukan musim ini. Semoga bisa tampil maksimal," ungkapnya.

Hasil Kualifikasi MotoGP Portugal 2022:
1. Johann Zarco, Fra, Pramac Ducati
2. Joan Mir, Spa, Suzuki MotoGP
3. Aleix Espargaro, Spa, Aprilia Racing


(uda)