Mobil Listrik

Mobil Listrik Jaguar Bakal Adaptasi Teknologi Kendaraan Formula E

Jaguar bakal aplikasikan teknologi Formula E di mobil listrik mereka. JAg
Jaguar bakal aplikasikan teknologi Formula E di mobil listrik mereka. JAg

Autogear.id – Maraknya elektrifikasi kendaraan di Indonesia, menyebabkan terjadinya transisi energi di masyarakat. Di mana secara perlahan mulai beralih, dari kendaraan konvensional ke electric vehicles (EV). Perubahan ini sejalan dengan “Reimagine”, sebagai strategi dan komitmen Jaguar Land Rover (JLR), yang bertujuan memproduksi kendaraan elektrik yang sustainable, dengan ragam elemen modern lewat desain. 

Artinya, melalui strategi prinsipal ini, JLR memiliki visi menghadirkan kendaraan full electric pada tahun 2025. President Director PT JLM Auto Indonesia, Gerry Kertowidjojo kembali menegaskan, komitmen JLR untuk mengembangkan kendaraan listrik yang luxury, saat berlangsungnya acara Re:Charge Live 2023 beberapa waktu lalu. “Salah satu cara Jaguar turut memajukan program energy transition di industry luxury electric vehicle di Indonesia adalah menghadirkan kendaraan listrik ramah lingkungan berperforma tinggi,” terangnya.

Menurut Gerry, keterlibatan Jaguar dalam Jakarta E-Prix 2023 jadi salah satu bukti, komitmen mereka untuk meneruskan inovasi dalam high performance EV. Apalagi dikatakannya, kemampuan teknologi merek tersebut terbukti dalam membangun kendaraan listrik. Tak hanya ramah lingkungan, namun juga berperforma tinggi. Demi memenuhi tema “the future of uncompromising luxury mobility”.

“Dalam Kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA 2023, tim Jaguar TCS Racing diwakili Mitch Evans dan Sam Bird bertarung menggunakan Jaguar I-Type 6. Teknologi yang dimilikinya akan diadaptasi ke mobil listrik Jaguar, termasuk Jaguar I-Pace,” urai Gerry. 

Baca Juga:
Enam Tahun Mengaspal di Indonesia, Apa Saja yang Dilakukan Wuling?

Perusahaannya berkomitmen untuk berpartisipasi di sektor EV. Diawali hadirkan I-Pace sebagai kendaraan full electric berperforma tinggi di Indonesia. Mobil listrik ini dilengkapi ragam teknologi terkini, termasuk teknologi baterai 90kWh yang hasilkan tenaga 400 PS. Memungkinkan berakselerasi 0-100 km/jam dalam 4,8 detik, dan kecepatan maksimum 200 km/jam.

Sistem penggerak All-Wheel Drive (AWD) nya gabungkan kelincahan dengan traksi maksimal. Memberi keseimbangan pengendalian, saat kondisi jalan normal. Salurkan tenaga secara halus, mencegah slip saat kondisi medan menantang. Teknologi Torque Vectoring by Braking, dikombinasi dengan Dynamic Stability Control (DSC), memberi kendali penuh secara akurat bagi pengguna.

Sistem infotainment-nya punya banyak fungsi dengan satu sentuhan, lewat touch screen 10-inci intuitif, dilengkapi koneksi nirkabel untuk smartphone guna menikmati ragam aplikasi favorit. Meridian Sound System, hantarkan kualitas suara jernih, merata ke setiap penumpang di dalam kendaraan. Lewat 11 speaker dan dual-channel subwoofer dengan 400W Amplifier.

Sistem Adaptive Dynamics pengatur stabilitas control dinamis, serta suspensi udara yang menyesuaikan dengan karakter berkendara, ciptakan pengendalian dinamis. Interiornya dilengkapi leather seats premium, pertegas karakter sporty dari SUV listrik ini yang menawarkan sentuhan mewah dan elegan.

Baca Juga:
Teknologi pada XL7 Hybrid, Dorong Suzuki Sambangi Dua Smart City Ini

“Sama seperti yang lainnya, I-Pace juga dilengkapi garansi 5 tahun atau 150.000 km, dan garansi baterai 8 tahun atau 160.000 km, mana tercapai lebih dulu. Dengan 5 tahun free service maintenance, kian memberi rasa aman dan nyaman,” beber Sales & Marketing Director PT JLM Auto Indonesia, Irvino Edwardly.

Dijelaskannya, showroom dan bengkel resmi di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, sudah dilengkapi fasilitas dan peralatan khusus sesuai standar global. Memberi jaminan sekaligus menjawab keinginan, para pengguna luxury electric vehicle.


(uda)