MotoGP Valencia 2022

Pecco Juara Dunia, Bestia Geser Aleix, dan Manisnya Perpisahan Suzuki

Francesco Bagnaia raih titel juara dunia MotoGP 2022 dan kembalikan marwah pembalap Italia di kejuaraan dunia MotoGP. FB
Francesco Bagnaia raih titel juara dunia MotoGP 2022 dan kembalikan marwah pembalap Italia di kejuaraan dunia MotoGP. FB

Autogear.id - Upaya Ducati untuk mengembalikan titel juara dunia ke kandang mereka yaitu kubu Italia selama 15 tahun terakhir, akhrnya terbayar sudah dengan performa apik Francesco Bagnaia (Pecco). Unggul 23 poin dari seri Malaysia, Ia tampil dengan hasil yang sangat memuaskan menutup seri terakhir dengan performa yang tak memaksakan bertarung di urutan terdepan.

Ia sempat bersenggolan dengan Fabio Quartararo di lap-lap awal dan kehilangan salah satu komponen aerodinamika di motornya sebelah kanan. Akibatnya, Ia tak sanggup melaju lebih agresif dan harus puas finish di urutan ke-9. Sebenarnya pencapaian ini juga lebih dari cukup untuk mengunci titel juara dunianya yang pertama apalagi jika Fabio Quartararo juga tak meraih kemenangan.

"Sangat menyenangkan meraih titel juara dunia, ini menjadi upaya terbesar kami setelah beberapa tahun terakhir belum sanggup meraih titel juara dunia. Namun tahun ini kami memboyong semua titel juara kembali ke Italia," girang Pecco.

Jalannya balapan juga membawa hasil memuaskan bagi Alex Rins yang menjalani tahun terakhirnya bersama tim Suzuki yang tahun depan bakal absen dari MotoGP. Mereka merayakan hari spesial dan mengamankan hasil terbaik sebagai salam perpisahan, baik dari tim asal Hamamatsu Jepang itu, juga salah pisah dari Rins sebagai pembalap utamanya sejak beberapa musim terakhir. 

Baca Juga:
Ramai Dikerubutin, Ini yang Bikin ION Mobility M1-S Istimewa

"Senang rasanya bisa mengakhiri musim balap ini dengan hasil yang terbaik. Kami selalu berupaya yang terbaik dan inilah hasil kerja keras kami selama ini. Semoga tahun depan bisa mendapatkan paket motor yang lebih baik dan bisa tampil konsisten meraih hasil terbaik," harap Rins usai meraih kemenangan terakhirnya bersama Suzuki MotoGP.

Brad Binder yang juga tanpa diprediksi bisa bertarung di urutan terdepan, kali ini mewujudkan harapan KTM untuk bisa mengakhiri balapan dengan posisi terbaiknya. Ia hanya berjarak 0,3 detik dari pembalap yang ada di urutan terdepan saat mengakhiri balapan. Kemudian disusul oleh Jorge Martin yang tahun ini beberapa kali mencetak posisi start terbaik yaitupole position. Ia finish di urutan ketiga dan mengakhiri musim balap dengan harapan besar.

Pembalap lain yang meraih hasil bagus adalah Enea Bastiannini alias Bestia. Meski finish di urutan 8 di sesi balapan, namun Aleix Espargaro yang tak mengakhiri balapan dengan keluarnya Ia di pertengahan balapan, membuat posisi Bestia terdongkrak ke posisi 3 klasemen sementara. Sementara Aleix Espargaro tergeser ke posisi keempat. 

Hasil MotoGP Valencia:
1. Alex rins, SPA, Suzuki MotoGP
2. Brad Binder, RSA, Red Bull KTM
3. Jorge Martin, SPA, Pramac Ducati

Klasemen juara dunia MotoGP 2022:
1. Francesco Bagnaia, ITA, Ducati Corse
2. Fabio QUartararo, PRA, Yamaha MotoGP
3. Enea Bastiannini, ITA, Gresini Racing


(uda)