Komponen Otomotif

Mainkan Segmen Mainstream, BFGoodrich Jajal Ban Aspal untuk SUV

Ban BF Goodrich mainkan ban di segmen kendaraan SUV untuk aspal. BFGR
Ban BF Goodrich mainkan ban di segmen kendaraan SUV untuk aspal. BFGR

Autogear.id - Michelin Indonesia meluncurkan ban mobil penumpang jenis on-road BFGoodrich Advantage Touring untuk pasar Indonesia. Dirancang dan diposisikan sebagai ban untuk mobil LCGC, MPV, sedan, hatchback dan SUV. Sejak 2020 Michelin mulai memproduksi ban mobil penumpang merek BFGoodrich di Indonesia, walaupun selama ini keseluruhan produksi BFGoodrich diekspor. 

Tetapi, pada kuartal IV tahun ini, Michelin mulai perkenalkan ban mobil penumpang BFGoodrich untuk pasar Indonesia. Presiden Direktur Michelin Indonesia, Steven Vette mengungkapkan, ban terbaru ini ditujukan bagi para pengemudi dengan kepercayaan diri dan gaya hidup aktif yang mencari produk ban kualitas tinggi dan ekonomis.
 
“Ban BFGoodrich memiliki sejarah cukup panjang, dan kami mempercayakan produksi ban ini di pabrik Michelin di Indonesia. Sebelumnya, ban ini telah diekspor terutama ke Amerika, dan juga ke Jepang, Eropa dan negara negara lainnya,” kata Steven, Minggu (23/10/2022).
 
Sebagai informasi awal, BFGoodrich Advantage Touring didesain khusus dan juga telah diperbarui dengan pilihan ukuran yang luas. Ditopang peningkatan performa dan estetika. Terlebih lagi, ban ini juga dilengkapi garansi pabrik selama 6 tahun yang menjadi komitmen kualitas ban premium bagi para pelanggan.

Baca Juga:
IMOS 2022 Dibuka Pekan Depan, Kuy! Intip Apa Aja Motor Listriknya?

 
Customer Engineering Support Michelin Indonesia, Mochammad Fachrul Rozi mengatakan, ban ini memiliki beberapa fitur unggulan. Pertama, dari sisi estetika dan performa kebisingan lebih baik. Hasil desain pola tapak baru, lebih dinamis dan sederhana. Pola tapak asimetrisnya dioptimalkan berbasis komputer, untuk mengurangi kebisingan kabin.
 
Kedua, ban ini dirancang menangani pengereman segala kondisi. Lewat desain permukaan asimetris dari tapak ban tadi. Lantaran memiliki blok tapak tegas, serta dinding yang memungkinkan penanganan dan kontrol lebih responsif. Selain itu, blok tapak besar beralur, memungkinkan kinerja pengereman dalam kondisi basah maupun kering. Ditambah desain ukir yang terinspirasi warisan balap on-road BFGoodrich.
 
Kemudian keunggulan ketiga diutarakan Fachrul, adanya ragam fitur yang bakal membuat pengendara lebih pede saat berkendara. Didukung teknologi untaian rangka saling mengunci. Alhasil meminimalisir gesekan dan panas, membantu kurangi konsumsi bahan bakar. Ditambah optimalisasi bidang kontak, dirancang khusus untuk kondisi jalan dengan permukaan panas tinggi.
 
“BFGoodrich Advantage Touring yang kami jual di Indonesia sedikit beda dengan yang diekspor. Meski sama-sama dibuat di pabrik Michelin Indonesia,” ungkapnya.

Baca Juga:
Fun Offroad Berasa Kejurnas ala Jelajah Jonggol Offroad 2

 
Perbedaan paling kentara adalah ban untuk Indonesia dirancang khusus memiliki ketahanan terhadap permukaan aspal panas. Sangat cocok digunakan di negara tropis. Sedangkan yang diekspor, dirancang detail untuk negara empat musim. Di mana kondisi jalanannya tidak terlalu ekstrem. BFGoodrich baru ini kini telah tersedia di seluruh dealer resmi. Sementara hadir dengan total 43 dimensi ban, mulai ukuran 14 - 18 inci. Sesuai peringkat kecepatan H, T dan V. 


(uda)