Balap Motor

Tembus 1200 Starter, Street Race Seri-5 Telurkan Rencana Khusus di Ancol

Jumlah starter di ajang balap street race meningkat jadi ribuan, ini menjadi bukti bahwa banyak yang butuh wadah untuk unjuk kemampuan dan motor. SR
Jumlah starter di ajang balap street race meningkat jadi ribuan, ini menjadi bukti bahwa banyak yang butuh wadah untuk unjuk kemampuan dan motor. SR

Autogear.id – Kendati di bawah siraman hujan, gelaran drag race terkait perayaan satu tahun Street Race Polda Metro Jaya tetap bisa terlaksana. Ini merupakan kegiatan street race seri kelima, dan dihelat di Kemayoran, Jakarta Pusat (27-29/1/2023). Event balap motor trek lurus 500 meter ini tercatat dimeriahkan oleh 1.200 an starter. 

Mereka datang dari berbagai daerah, seperti dari Banten, Jawa Barat, Jawa Timur bahkan datang dari Kalimantan, Sulawesi dan Nusa Tenggara Timur. Berbagai jenis dan merek motor, dari skuter matik hingga motor gede (moge) unjuk gigi. Mereka beraksi secara sportif, membuktikan siapa masing-masing yang tercepat dalam 30 kelas balapan.
 
Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran datang langsung, membuka event bertajuk “Mencari Prestasi Bukan Sensasi” ini. Dimana merupakan event kolaborasi, hasil kerja sama Polda Metro Jaya, Ikatan Motor Indonesia serta PPK Kemayoran, Sabtu (28/1/2023).
 
Pada kegiatan ini terbukti mewujudkan konsep baru, paduan antara drag bike dengan program lain seperti kontes modifikasi, freestyle show, serta bazaar UMKM. Termasuk pebisnis suku cadang serta aksesoris motor.

Baca Juga:
Niat Beli XMAX Connected? Wajib Banget Nih Paham Ini!

Dalam sambutannya, Kapolda menyampaikan sinyal positif terhadap ketersediaan lahan khusus bagi kelanjutan Street Race ini di Jakarta, yakni di kawasan Ancol, Jakarta Utara. “Saya rasa itu bukan hal mustahil untuk diwujudkan, karena di dalam street race ini terdapat ekosistem yang lengkap,” urainya dikutip dari Kantor Berita Antara.
 
Dia menambahkan,  Polda Metro sudah bertemu dengan pimpinan PT Pembangunan Jaya Ancol, selaku Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI. Kata Fadil, dari hasil pertemuan tersebut, pihaknya menyampaikan aspirasi peminat balapan motor jalanan yang ingin memiliki lintasan buat latihan.
 
"Saya akan terus memperjuangkan, agar teman-teman memiliki lintasan khusus yang memiliki standar keamanan yang baik untuk latihan setiap hari. Alhamdulillah disambut baik Dirut Ancol, teman-teman di Jaya Ancol sedang mempelajari kebutuhan dan menganalisa kebutuhan bersama dengan stakeholder terkait " bebernya.
 
Fadil punya alasan tersendiri, mengapa pihaknya ingin menghadirkan tempat latihan balap motor jalanan. Karena menurutnya, hanya balap motor yang tidak memiliki tempat latihan. Walaupun begitu, Fadil belum bisa memaparkan secara detail, terkait rencana pembangunan lintasan latihan street di kawasan Ancol tersebut. Oleh karena itu, belum diketahui secara pasti, bagian Ancol sebelah mana yang bakal dijadikan lintasan buat berlatih balap motor street race.


(uda)