Komunitas Otomotif

Tips Motoran Sambil Berkemah Ala V-Strom 250SX

Bermotor dan berkemah jangan asal, cermati hal-hal berikut agar sesuai dengan tujuannya. SIS
Bermotor dan berkemah jangan asal, cermati hal-hal berikut agar sesuai dengan tujuannya. SIS

Autogear.id - V-Strom 250SX resmi dihadirkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) pada Nopember tahun lalu. Roda dua terbaru ini mengusung konsep "Lightweight Versatile Crossover". Digadang-gadang cocok buat menemani perjalanan ke suatu tempat berkontur off-road ringan. Misalnya berkemah di alam bebas.

Diketahui, berkemah menjadi salah satu gaya hidup yang belakangan digandrungi para pemotor di Indonesia. Mendukung aktivitas berkemah, di samping perlu memperhatikan performa motor, juga perlu memperhatikan peralatan dan perlengkapan.

2W Sales & Marketing Department Head PT SIS, Teuku Agha mengatakan, V-Strom 250SX siap menemani perjalanan pengendara di berbagai kondisi jalan. “Berukuran relatif kompak, membantu ketika melewati jalanan menantang. Didukung ban semi off road dan ground clearance 205mm,” tuturnya. 

Kata Agha lagi, penggunaan teknologi SOCS (Suzuki Oil Cooling System) pada motor ini juga membuat sistem pendingin mesin jadi lebih ringkas dan mudah dalam perawatan. Kendaraan ini juga dilengkapi engine under-cowling, dapat memberi perlindungan bagian mesin dari bebatuan dan ranting pohon.

Baca Juga:
Yoong Motor Siap Wadahi Peminat Modifikasi Lampu di Kelapa Gading

Sedikit berbagi tips, agar berkemah sambil motoran bisa lebih enjoy dan mudah. Pengendara hendaknya memperhatikan sejumlah hal berikut:

1. Hindari Bawaan Berlebih
Berkemaslah seringkas mungkin karena bawaan tersebut akan disimpan dan dibawa menggunakan motor. Beberapa perlengkapan berkemah yang diperlukan seperti tenda, terpal, kompor, sleeping bag, alas tidur, peralatan makan, dan lentera.

2. Angkut Peralatan Pemberi Kenyamanan
Untuk menikmati waktu saat berkemah, pengendara disarankan membawa barang seperti kursi lipat, pisau lipat, kompor kayu, panci dan lentera.

3. Cari Lokasi Berkemah yang Tepat
Pilihlah lokasi mendirikan tenda yang permukaannya datar. Apalagi dikelilingi pohon untuk melindungi dari terpaan angin. Nikmati heningnya alam, dengarkan suara burung, serangga, angin, serta hujan yang mampu menenangkan pikiran. Buat api unggun menggunakan kayu kering. Melihat api menyala dan kayu terbakar di malam hari dapat memberi ketenangan dan relaksasi.

4. Bawa Bahan Masakan dari Rumah
Ketika berkemah, pastikan menyiapkan bahan makanan dari rumah. Selain makanan kaleng, juga bisa membawa bahan makanan lain sesuai kebutuhan dan selera. “Agar pengalaman berkemah motor jauh lebih menyenangkan, nyaman, dan aman, penting bagi pengendara menggunakan motor yang sesuai. Perlu pula mempertimbangkan barang bawaan yang akan mempengaruhi pengalaman berkemah,” pungkasnya.


(uda)