Sepeda Listrik

Porsche Bikin e-Bike? Apa yang Istimewa?

Porsche e-Bike jadi mainan yang digadang-gadang punya peminat besar, mengingat perkembangan e-bike yang begitu masif. PI
Porsche e-Bike jadi mainan yang digadang-gadang punya peminat besar, mengingat perkembangan e-bike yang begitu masif. PI

Autogear.id – Bukan hanya mobil premium yang disasar, Porsche juga ingin meningkatkan aktivitasnya di segmen e-bike. Untuk tujuan tersebut, dua usaha gabungan yang didirikan oleh Porsche dan perusahaan Belanda Ponooc Investment B.V. memulai bisnisnya.

Porsche eBike Performance GmbH, yang berbasis di Ottobrunn dekat Munich, akan mengembangkan sistem penggerak listrik untuk kendaraan roda dua. Ini termasuk motor, baterai dan arsitektur perangkat lunak yang diperlukan untuk solusi konektivitas. P2 eBike GmbH yang berbasis di Stuttgart, didukung oleh Porsche, bermaksud gunakan sistem penggerak tadi dalam meluncurkan generasi baru e-bike Porsche di pertengahan dekade ini. 

Mantan CEO Porsche Lifestyle GmbH & Co. KG, Jan Becker dipilih sebagai ketua manajemen Porsche eBike Performance GmbH. Jan tidak sendiri, ditemani rekannya di P2 eBike GmbH, yakni Moritz Failenschmid, yang juga Managing Director di Focus Bikes.

Keduanya adalah ahli yang telah terbukti dalam hal menyiapkan dan mengembangkan usaha, berorientasi ke depan dan pelanggan. "Kami lihat potensi besar di segmen e-bike. Inilah sebabnya kami secara konsisten memperluas kegiatan kami di lingkup ini," kata Wakil Ketua Dewan Eksekutif Porsche AG dan Anggota Dewan Eksekutif untuk Keuangan serta IT, Lutz Meschke.

Baca Juga:
Rabbit and Wheels, dari Jokowi Hingga Tembus Pasar Global

Selain sistem penggerak kompak dari Fazua, Porsche eBike Performance GmbH akan mengembangkan dan memproduksi sistem penggerak e-bike di bawah merek Porsche. Kedua kategori produk nantinya akan didistribusikan ke produsen e-bike di seluruh dunia. Ke depannya, sistem penggerak listrik akan digunakan pada e-bikes Porsche serta merek lain.

Sebagai informasi, dalam beberapa bulan terakhir, Porsche telah mengakuisisi saham di beberapa perusahaan segmen e-bike. Selain Greyp, merek e-bike asal Kroasia, yang juga termasuk Fazua. Pada bulan Juni, Porsche meningkatkan kepemilikannya di perusahaan, dari 20 menjadi 100 persen.

Berbasis di Munich, Fazua dikenal di kalangan para ahli sebagai pendiri e-bike 'ringan'. Sekarang akan digabung menjadi Porsche eBike Performance GmbH. Kendati demikian, terlepas dari kegiatan usaha gabungan, Porsche terus bekerja dengan mitra lama, Rotwild, pada model e-bike saat ini.

Maret 2021, perusahaan meluncurkan interpretasi sepeda listrik eksklusif dengan Porsche eBike Sport dan Porsche eBike Cross. Selain itu, Porsche Digital GmbH menawarkan platform untuk layanan digital yang berkaitan dengan bersepeda di bawah merek Cyklaer.

Proyek tersebut memberi gambar sekilas, tentang seberapa besar inovasi dalam usaha patungan sepeda Cyklaer. Merek peraih banyak penghargaan, dikembangkan bareng Fazua dan Greyp.


(uda)