Mobil Listrik

Pertama Kali Civic e: HEV Brojol di Dunia, Bakal Mampir ke Indonesia?

All New Civic versi e: HEV nongol di Bangkok, akankan dijual di Indonesia? HPM
All New Civic versi e: HEV nongol di Bangkok, akankan dijual di Indonesia? HPM

Autogear.id - Untuk pertama kalinya di dunia, Honda menghadirkan varian All New Civic versi e: HEV, dimana model sedan legendaris tersebut dijual dalam dua varian, yaitu e: HEV RS dan e: HEV EL.

Adapun dua varian e: HEV tersebut dirilis di Bangkok, Thailand, (16/6/2022) oleh Honda Automobile Thailand Co., Ltd. Dan ketika sudah hadir di negeri tetangga, bisa jadi dalam waktu dekat Honda akan menghadirkannya untuk pasar otomotif Indonesia.

President and CEO Honda Automobile Thailand Co., Ltd, Noriyuki Takakura mengatakan, setelah memulai debutnya pada ajang motor show di Thailand beberapa waktu lalu, Civic e: HEV mendapatkan respon positif dari publik dalam kurun waktu dua setengah bulan.

“Hal ini sekaligus menumbuhkan rasa percaya diri konsumen terhadap lini e: HEV dari Honda. Menggunakan full-hybrid system, yang memberikan performa berkendara bertenaga, juga menghasilkan konsumsi bahan bakar yang sangat baik,” ucapnya.

Baca Juga:
Digempur Sainz di 10 Lap Terakhir, Verstappen Menangi F1 Kanada

Selain itu, kata Noriyuki, hal ini juga merupakan respon dari target Honda di tahun 2050, yang berinisiatif mencapai netralitas karbon. Serta masyarakat yang bebas dari kecelakaan, dengan dukungan teknologi Honda Sensing pada model tersebut. “Kami percaya, varian ini dapat semakin memperkuat lini Honda Civic, agar dapat mempertahankan posisi di pasar mobil kompak,” tukasnya.

Secara spesifikasi, All New Civic e: HEV menggunakan e: HEV full-hybrid system. Menggabungkan dua motor elektrik, yaitu motor Generator dan motor Drive, serta mesin 2.0 liter DOHC Direct Injection Atkinson Cycle.

Pengguna dapat memilih tiga mode berkendara; EV Drive Mode, Hybrid Drive Mode, Engine Drive Mode, sesuai selera. Selain itu, tiga mode berkendara lain, yakni Econ, Normal dan Sport, seperti yang ada pada varian mesin bensin, juga tetap tersedia pada model ini.

Tenaga yang dihasilkan pada model hybrid ini mampu mencapai 315 Nm. Dilengkapi sejumlah teknologi khas Honda, sebut saja di antaranya Honda Sensing, Smart Key System with Honda Smart Key Card, Remote Engine Start, 10.2-inch TFT Multi Information Display. Lalu 9-inch Advanced Touch Display Audio yang terkoneksi dengan Apple CarPlay serta Android Auto, dan banyak lagi.

Baca Juga:
Waspadai Gejala Kampas Rem Motor Tidak Pakem

Ke depannya, untuk model Civic terbaru ini, ditargetkan terjual 8.300 unit pertahun, ketika sudah mulai dipasarkan secara massal. Pabrikan berani memberikan garansi 10 tahun untuk baterai hybrid-nya, serta garansi 5 tahun untuk mileage hybrid system-nya.

Terkait harga, Honda Thailand diberitakan membanderol All New Civic e: HEV dengan harga mulai dari 1,129,000 THB atau sekitar Rp475 juta.


(uda)