Motor Baru

Alva Cervo, jad Andalan untuk Ramah Lingkungan Berkelanjutan

Semua komponen seperti motor, konektivitas, layanan purna jual, customer care, program trade in, garansi, layanan pelanggan dan infrastruktur pendukung, semuanya dirancang bersinergi. AG-Alun
Semua komponen seperti motor, konektivitas, layanan purna jual, customer care, program trade in, garansi, layanan pelanggan dan infrastruktur pendukung, semuanya dirancang bersinergi. AG-Alun

Autogear.id – Beberapa waktu belakangan ini, Jakarta sebagai Ibukota Negara Republik Indonesia mengalami kegelisahan. Akibat permasalahan kabut polusi udara yang lumayan memprihatinkan. Sejumlah pihak mengklaim, salah satu hal yang berkontribusi besar terhadap permasalahan tersebut, adalah emisi karbon gas buang dari kendaraan bermotor. 

Sehingga apabila hal tersebut terus dibiarkan terjadi, tidak menutup kemungkinan kota-kota lain di Indonesia nasibnya bakal menyusul seperti Kota Jakarta. Mengingat Bumi Nusantara selama ini menjadi pasar potensial, dari industri kendaraan bermotor yang masih memakai bahan bakar minyak.

Beberapa solusi tampaknya sedang diupayakan pemerintah, untuk dapat membantu mengikis permasalahan polusi tadi. Boleh jadi tumbuh kembangnya ekosistem kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV), juga menjadi salah satu solusinya. Apalagi lambat laun pemain di sektor industri kendaraan listrik, beserta para penggunanya terus meningkat. Baik di segmen roda dua maupun roda empat.

Sebut saja satu dari sekian banyak pemain kendaraan listrik di tanah air adalah Alva. Merupakan brand pendatang baru, yang pergerakannya cenderung agresif, di tengah-tengah kondisi pasar otomotif sekarang ini. Sebagai wujud komitmen dari PT. Ilectra Motor Group (IMG), yang merupakan bagian dari PT Indika Energy Tbk.

Baca Juga:
Begini Tampilan RX-King Milik Warga Kaum Ogah Standar

Alva merupakan merek motor listrik baru, yang diklaim IMG telah dirancang dengan konsep berbeda, dibandingkan produk motor listrik lain di Indonesia. Semua komponen dalam interaksi dengan konsumen, seperti motor, konektivitas, layanan purna jual, customer care, program trade in, garansi, layanan pelanggan dan infrastruktur pendukung, semuanya dirancang bersinergi. 

“Hadirnya Alva di Indonesia juga membentuk sebuah sistem, yang mampu menjawab semua kebutuhan mobilitas konsumen. Menciptakan lifestyle mobility solution yang menyeluruh, melalui produk motor listrik dan gaya hidup. Mewujudkan komitmen mendukung kehidupan berkelanjutan yang lebih baik, bagi generasi kini dan mendatang,” urai Managing Director IMG, Rainier Haryanto.

Model yang diperkenalkan Alva sejauh ini di antaranya adalah Alva Cervo. Merupakan kendaraan listrik yang cukup menggebrak bagi kendaraan Internal Combustion Engine (ICE), maupun bagi rival-rival sejenis di kelasnya. Pasalnya, Alva Cervo yang belum lama ini dirilis, selain membawa desain yang atraktif dan menggoda, juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta roda dua. 

Ragam fitur berteknologi kekinian yang diusungnya, telah menjadi magnet bagi mereka yang menyimpan rasa penasaran terhadap motor listrik. Seperti dijelaskan di awal, tentunya ragam fitur yang dibenamkan di dalam EV ini, mendukung tersajinya lingkungan yang bersih dan sehat untuk kelangsungan hidup umat manusia.

Baca Juga:
Mobil Listriknya Kantongi SPK 100 Unit, Cukup Bikin Pabrikan Ini Hepi

Bila mengintip lebih dalam, spesifikasi yang dibawa oleh Alva Cervo, dia mampu melesat dengan kecepatan 103 Km per jam. Sekali pengisian baterai full selama 2 jam, dapat menempuh jarak 125 Km. Kendaraan listrik dengan desain banyak lekukan tajam pada bodinya ini, dibekali penggerak listrik Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM), dengan rated power 3kW. 

Penggerak listrik PMSM tersebut dibekali dua baterai berkapasitas 73,8V 24Ah. Walaupun ada juga yang diperkuat satu baterai. Adanya spesifikasi penggerak dan motor listrik itu, menjadikannya mampu menghasilkan tenaga 9,8 kW, atau setara dengan 13,1 dk di 3.700 rpm. Torsi pun melimpah hingga 53,5 Nm di 1.342 rpm. Model ini dibekali pilihan mode berkendara Eco, Urban dan Sport dengan Boost Button. 

Bagian kaki-kakinya dibekali suspensi teleskopik, dan monoshock di belakang. Yang dipadukan ban berukuran 110/80 ring 14 inci di depan, serta 140/70 ring 14 inci di belakang. Dengan spesifikasi yang ditawarkan, kendaraan ini dipasarkan dengan harga on the road Jakarta Rp37 jutaan untuk varian satu baterai, dan Rp42 jutaan untuk varian dua baterai. Motor listrik ini memiliki lima pilihan warna, yakni Nebula Green, Mars Cooper, Supernova Black, Halo White, dan Edgy Truqoise.


(uda)