Komponen Otomotif

Klakson Baru Denso, Lebih Nyaring Bikin Pede dan Safety

Denso merilis klakson terbaru dengan suara yang lebih nyaring. DSIA
Denso merilis klakson terbaru dengan suara yang lebih nyaring. DSIA

Autogear.id – Klakson menjadi salah satu perangkat dalam menunjang keamanan dan keselamatan berkendara di jalan raya. Selain memanfaatkan klakson bawaan pabrikan (OEM), ada juga pemilik kendaraan yang menggantinya dengan klakson aftermarket dengan kualitas yang lebih baik. Seperti salah satu line up klakson terbaru dengan tipe single disc high tone, yang diperkenalkan PT Denso Sales Indonesia (DSIA). 

Merupakan produk aftermarket premium, yang diakui memiliki suara lebih nyaring dibanding klakson OEM. Dikatakan Ivana Stella, Product Manager DSIA, klakson single disc high tone ini cocok buat para pemilik mobil yang menginginkan upgrade klakson. Dari klakson sebelumnya yang sudah terpasang di kendaraan, dengan klakson baru. 

Terutama untuk mobil di segmen LCGC dan Low MPV, sehingga pengguna mobil lebih pede dan safety. Sementara Assistant General Manager DSIA, Reinard Winardi menyampaikan, selama ini Denso selalu berkomitmen dalam membuat produk yang berkualitas. “Klakson kami diproduksi di Indonesia, didukung standar teknologi Jepang dan sudah teruji. Karena kami juga memasok untuk kebutuhan OEM,” ungkap Reinard.

Sejauh ini memang klakson ini diluncurkan untuk kendaraan roda empat, tapi Denso melihat di pasar bahwa line-up klakson mereka juga diminati pengendara roda dua. Artinya produk ini bisa digunakan sesuai kebutuhan pengendara. “Apalagi dengan dibanderol harga yang sangat terjangkau, yaitu di kisaran harga Rp 50-60 ribuan per klakson,” tandasnya. 

Baca Juga:
Mudahnya Akses Nonton Kolaborasi Otomotif dan Lifestyle di GJAW 2023

Melihat dari sisi pemasangannya, klakson single disc high tone ini terbilang mudah dan user friendly. Untuk pemasangan pada kendaraan roda empat, umumnya klakson ini sudah bisa disematkan secara plug and play, dan bersifat universal. Berdasarkan spesifikasinya, klakson terbaru Denso tersebut dilengkapi daya 12V, 4-Ampere, serta diperkuat pula oleh output suara hingga mencapai 111 desibel (dB). 

Selain klakson sigle disc high tone sebagai tipe terbaru, Denso juga memiliki beragam varian klakson lainnya. Sebut saja mulai dari Klakson Terompet (Electric Horn Power Tone), Klakson Terompet Tahan Air (Electric Horn Power Tone Waterproof), dan Klakson Disc Set (Compact Horn Full Power Tone Double Disc).

Tentunya, kata Stella, seluruh varian yang telah disebutkan barusan merupakan hasil produksi secara lokal, di pabrik Denso Indonesia Group. Pabrik tersebut berlokasi di Kawasan Industri MM2100 Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat.


(uda)