Komunitas Otomotif

Ketika Bikers Coba Lebih Dekat dengan Ragam Budaya di Indonesia

HMPC masih tetap eksis gelar banyak kegiatan meski usia komunitas ini sudah cukup lama. HMPC
HMPC masih tetap eksis gelar banyak kegiatan meski usia komunitas ini sudah cukup lama. HMPC

Autogear.id – Ketika komunitas atau club motor menggelar kegiatan touring berkelompok, ada banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan. Serta beragam tempat yang dapat dikunjungi dan nikmati. Mengait Honda MegaPro Club Indonesia (HMPC Indonesia), tahun 2023 ini merupakan sebuah lembaran baru. 

Selain struktur kepengurusan baru di bawah tongkat komando Rusli Ilfan selaku Ketua Umum periode 2022 – 2027. Tahun ini club para pengguna Mega Pro tersebut akan memasuki usia 20 tahun. Dalam kepengurusan baru, salah satu program kerja yang ditawarkan adalah Touring Budaya. Bertujuan untuk kembali mengenal dan mengetahui tentang berbagai budaya Indonesia yang sangat beragam. 

"Kearifan lokal dan aturan budaya yang ditinggalkan para leluhur, memiliki nilai - nilai positif yang bisa menjadi pegangan kita, khususnya para biker, dalam menjunjung tinggi adab dan etika bermasyarakat,” ucap Rusli Ilfan.

Pada perjalanan touring budaya ini, para member diajak secara langsung belajar budaya dengan berinteraksi kepada masyarakat lokal. Mulai dari mengenal rumah adat, upacara adat, pakaian, makanan dan kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan masyarakat lokal dalam kesehariannya. 

Baca JUga:
Lampu Kendaraan Ini Bebas Silau dan 800 Persen Lebih Terang

Sambil menyelam minum air. Selama proses belajar budaya tadi, member juga diwajibkan memutarkan roda perekonomian, yakni dengan berbelanja di warung atau UMKM milik warga sekitar. Tak lupa di beberapa lokasi, turut menyisihkan rezeki untuk kegiatan sosial. Mulai dari pemberian tempat sampah, hingga donasi ke Rumah Ibadah.

Sejauh ini gelaran bernuansa giat budaya ini sudah berjalan di beberapa titik. Mulai dari Desa Adat Baduy, Banten, Desa Adat Dokan, Sumatera Utara, Tulang Bawang Barat, Lampung, Desa Adat Kampung Naga, Tasikmalaya, Jawa Barat, Istana Pagaruyung Batu Sangkar, Sumatera Barat, dan Rumah Merah Lasem, Jawa Tengah.

Kegiatan tersebut dilakukan masing-masing chapter HMPC Indonesia, dan ke depannya kegiatan ini masih akan terus berjalan di setiap chapter yang ada. “Tentunya kami berharap, perjalanan touring yang kami selenggarakan kali ini jauh lebih bermanfaat, mendapat banyak nilai positif. Serta menjadi sepenggal cerita dalam kehidupan, yang dapat dibagikan dari setiap perjalanan yang kami lakukan,” pungkas Rusli.


(uda)