Tes Kecepatan Supercar

Gusur Kecepatan 911 GT3, Porsche 911 GT3 RS Lebih Unggul 10,6 Detik

Porsche 911 GT3 RS berhasil menyelesaikan Nordschleife Nürburgring 20,8 kilometer dalam 6:49,328 menit. Porsche
Porsche 911 GT3 RS berhasil menyelesaikan Nordschleife Nürburgring 20,8 kilometer dalam 6:49,328 menit. Porsche

Autogear.id - Porsche 911 GT3 RS berhasil menyelesaikan Nordschleife Nürburgring 20,8 kilometer dalam 6:49,328 menit. Atau dikatakan 10,6 detik lebih cepat dari 911 GT3 saat ini. Adapun dibalik kemudinya adalah brand ambassador Porsche, Jörg Bergmeister, yang terlibat secara intensif dalam pengembangan flagship baru dari seri 911. Seorang official pun hadir untuk menyaksikan waktu lap.

Dijelaskan, Porsche 911 GT3 RS baru dirancang untuk performa, dengan kekuatan tinggi 386 kW (525 PS). Selain mesin berkecepatan tinggi dengan DNA balap dan konstruksi ringan, konsep pendinginan dan aerodinamis membuktikan 'pertalian erat' dengan saudara-saudaranya di bidang motorsport.
 
Ketika melesat pada kecepatan 285 km/jam, 911 GT3 RS mencapai total downforce 860 kilogram. Merupakan tiga kali lipat dari 911 GT3. “Hari ini 911 GT3 RS menghasilkan apa yang telah dijanjikan pada pandangan pertama, keunggulan mutlak di trek balap,” kata Director GT cars, Andreas Preuninger.
 
Dia tambahkan, mengingat kondisi jauh dari ideal, dengan kuatnya angin di lintasan panjang Döttinger Höhe dan suhu aspal yang dingin, pihaknya merasa puas. Lantaran 911 GT3 RS menetapkan standar baru untuk aerodinamika dan sasis. Berarti, kata Andreas, belum pernah ada road car yang mewujudkan begitu banyak motorsport.

Baca Juga:
Jorge Martin Kembali Pecah Rekor di QTT MotoGP Malaysia

Secara spesifikasi, 911 GT3 RS dengan paket Weissach dilengkapi ban Michelin Pilot Sport Cup 2R yang tersedia secara opsional. Ukuran 275/35 R20 di roda depan, dan 335/30 R21 di belakang. 911 GT3 RS baru ini menyelesaikan putaran standar dalam 6:44.848 menit.

“Kami kehilangan sedikit downforce karena angin yang kuat dan terkadang berhembus kencang, tapi saya masih sangat senang dengan putarannya,” kata Bergmeister. Khususnya di bagian cepat, 911 GT3 RS berada di liganya sendiri.
 
Mobil ini berada pada level yang biasanya disediakan untuk mobil balap kelas atas. Mobil ini juga menetapkan standar baru dalam pengereman. Lap cepat di Nordschleife sangat menyenangkan di mobil ini.

Wakil Presiden model line 911 dan 718, Frank Moser yang mengikuti fast lap dari pit wall mengatakan, dirinya sangat bangga dengan apa yang telah dicapai seluruh tim selama pengembangan dan uji coba 911 GT3 RS baru.

Baca Juga:
Tebar Pesona, Alva Mulai Mejeng dari Mal ke Mal

 
“Hari ini Jörg Bergmeister menyatukan semuanya dan mengeluarkan potensi penuh mobil. 911 masih dapat mengejutkan kami dan membuktikan bahwa konsep mesin belakang masih sangat cocok untuk mobil sport berperforma tinggi,” pungkasnya.


(uda)