Tips Keselamatan Berkendara

Kenali Kondisi Jalan Licin dan Berpotensi Bahaya

Deteksi hal-hal yang punya potensi membahayakan di jalan raya, terutama saat ingin menikung. Simak apa saja hal-hal yang patut diwaspadai. DAM
Deteksi hal-hal yang punya potensi membahayakan di jalan raya, terutama saat ingin menikung. Simak apa saja hal-hal yang patut diwaspadai. DAM

Autogear.id - Banyak hal yang bisa jadi pertimbangan ketika melakukan aktivitas bermotor seperti touring luar kota atau hanya sekadar mutar-mutar dalam kota. Namun ada saja hal-hal tak terduga yang bisa membuat pengendara kehilangan kendali atas motornya. Selalu berhati-hati dan tetap waspada terhadap potensi bahaya menjadi suatu keharusan saat kita berkendara menggunakan sepeda motor. 

Gunakan selalu perangkat keselamatan berkendara untuk meminimalisir terjadinya kerugian akibat kecelakaan. Safety Riding Development Section Head, PT Daya Adicipta Motora, Ludhy Kusuma menjelaskan, salah satu kendala yang sering dihadapi oleh pengendara adalah jalanan yang licin. 

Entah itu karena cairan atau partikel pasir yang membuat kita tidak bisa mengendalikan sepeda motor secara stabil dan berpotensi tergelincir. Berikut ini adalah tanda lokasi atau area jalanan yang biasanya licin dan harus diwaspadai atau diharuskan untuk selalu hati-hati saat melewatinya, diantaranya :
 
Jalanan Menikung Saat Hujan
Saat hujan, air biasa menggenang di permukaan jalanan. Tikungan jalanan kerap menjadi titik terjadinya kecelakaan, maka ketika melewatinya diharuskan untuk menurunkan kecepatan dan jangan terlalu miring. Atur putaran gas dan pengereman dengan baik supaya tidak tergelincir.

Baca Juga:
PO Bus Wajib Tahu! Bus Tak Laik Jalan, Siap-Siap Batal Jalan

 
Baik itu jalanan aspal maupun beton sebenarnya sama saja. Tergantung kondisi ban dan pengendalian kita sebagai pengendara yang harus bisa menguasai teknik berkendara yang baik saat berkendara, terutama saat kondisi hujan.
 
Area Parkir Atau Garasi
Bukan hanya di jalanan, Potensi motor tergelincir karena licin juga bisa terjadi saat kita masih berada di area parkir atau garasi yang menggunakan keramik sebagai lantai yang jika dalam kondisi basah, maka sering licin saat melewatinya. Tak hanya lantai keramik, permukaan beton yang sering tergenang air juga sering menimbulkan lumut yang jika kita melindasnya maka akan membuat motor sulit dikendalikan dan tergelincir.
 
Area Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU)
Saat keluar masuk Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) kita diharuskan berhati-hati, terutama SPBU yang juga melayani pengisian kendaraan besar seperti Bus dan Truk, karena biasanya terdapat ceceran bahan bakar Solar di permukaan aspal yang sangat licin ketika terlindas oleh ban sepeda motor.
 
Selain SPBU, yang harus diwaspadai karena berpotensi terdapat ceceran solar adalah area sekitar pabrik, bengkel atau garasi yang banyak terdapat kendaraan besar.

Baca Juga:
Dukung Sosialisasi SRUT, Isuzu Siapkan Produk Tanpa Sentuhan Karoseri

 
Tempat Keluar Masuk Proyek
Bukan hanya cairan saja, partikel pasir atau batuan kecil yang terdapat pada permukaan aspal/beton juga dapat membuat sepeda motor kehilangan kendali dan berpotensi tergelincir. Biasanya terdapat pada jalanan tempat keluar masuk kendaraan proyek.
 
Maka di setiap proyek yang biasanya terdapat truck yang membawa material sering diberi peringatan untuk berhati-hati. Selain sebagai penanda jika area tersebut banyak kendaraan keluar masuk juga sebagai penada kita harus hati-hati terhadap kondisi jalanan di sekitarnya.
 
Apalagi jika proyek tersebut merupakan pembongkaran bangunan, maka seringkali terdapat partikel berbahaya seperti pecahan kaca, kawat atau paku yang tercecer di jalanan. Jadi bukan hanya tergelincir, tapi juga bisa berpotensi menyebabkan ban bocor.
 
Area Dengan Tanda Rambu-Rambu Jalanan Licin
Jalanan licin biasanya ditandai dengan rambu-rambu warna kuning dengan tanda khusus. Biasanya terdapat di beberapa titik yang sering tergenang air, atau area tebing pegunungan yang sering terjadinya longsor.

Baca Juga:
Rekam Jejak Inovasi, Bekal EMLI Perkuat Lini Bisnis

 
Lalu apa yang harus Anda lakukan jika bisa mendeteksi kondisi jalan yang berbahaya tersebut? Ludhy Kusuma memberikan beberapa tips tentang pentingnya untuk selalu memperhatikan beberapa detail berikut ini, di antaranya:
-Merawat dan menjaga kondisi ban, segera ganti jika karet ban sudah menipis dan kehilangan daya cengkram.
-Periksa dan jaga kondisi pengereman karena menjadi bagian penting untuk pengendalian motor ketika melewati jalanan yang licin.
-Jaga jarak dengan kendaraan sekitar, untuk mengantisipasi potensi bahaya.
-Jaga kecepatan, perhatikan batas kecepatan saat melewati jalan tersebut diatas.
 
Dan yang paling penting adalah gunakan selalu perangkat keselamatan berkendara seperti Helm, Jaket dan sarung tangan agar selalu aman di jalan raya. Kemudian menjaga kondisi motor tetap prima dengan merawat dan melakukan service rutin di bengkel atau servis sendiri supaya berkendara lebih aman dan nyaman.


(uda)