Motor Baru

CB650R, Moge Harga Rp291 Jutaan yang Kini Punya Baju Baru

CB650R punya baju baru, Honda optimis bisa pasarkan moge naked ini dengan baik. AHM
CB650R punya baju baru, Honda optimis bisa pasarkan moge naked ini dengan baik. AHM

Autogear.id – Big bike Honda CB650R mendapatkan warna dan sentuhan baru. Hadir pertama kali pada awal 2019, motor dengan desain Neo Sport Cafe ini punya warna baru bertema black edition. Pada varian warna Matte Gunpowder Black Metallic, model ini masih mempertahankan warna hitam doff.  

Diperkuat perubahan nuansa hitam pada beberapa komponen seperti suspensi depan, cover mesin, dan shroud. Seolah memberi kesan misterius tanpa menghilangkan sensasi maskulin. Untuk varian warna Candy Chromosphere Red, juga terdapat perubahan pada bagian shroud yang berwarna gelap. 

Performa semakin lengkap, dengan disematkannya fitur double disc brake ABS yang memberikan daya pengereman optimal di setiap level kecepatan. Marketing Director AHM Octavianus Dwi mengatakan, CB650R terbaru mempertahankan desain orisinil dan sentuhan modern sesuai kebutuhan pengendara masa kini. “Sentuhan retro dan street fighter dalam tampilannya menyempurnakan gaya hidup pengendaranya. Untuk semakin bangga sebagai pusat perhatian saat berkendara,” kata Octa.

Motor sport premium ini menyematkan all LED lighting system dan lensa bening pada lampu senja, lampu belakang, serta lampu sein. Menghasilkan pencahayaan yang modern. Konsep Neo Sport Cafe dengan kesan retro yang kuat pun ditampilkan melalui desain lampu depan LED bulat. 

Baca Juga:
Grand Vitara Baru Akhirnya Masuk ke Garasi Pemilik

 
Dari samping, tampak jelas terekspos bagian-bagian mesin atau mekanikal. Tapered handle bar menguatkan kesan yang ada pada motor ini. Panelmeter full digital dengan pencahayaan warna biru, berisi informasi posisi gir, dan shift up indicator. Melengkapi informasi putaran mesin, kecepatan, odometer, bahan bakar, rata-rata konsumsi bahan bakar, serta penunjuk waktu.
 
Penggunaan suspensi depan inverted telescopic merek Showa ukuran 41mm meningkatkan kualitas handling. Suspensi belakang dengan lengan ayun alumunium, hadirkan bentuk kurva dengan busur berada di atas knalpot di sisi kanan. Bagian tersebut memiliki pengaturan hingga 10 level disesuaikan dengan kebutuhan pengendara. 
 
Fitur assist/slipper clutch tersemat, membuat tuas kopling relatif lebih ringan ketika dioperasikan. Sekaligus mengurangi efek engine brake, ketika menurunkan gigi persneling dengan cepat. Honda Selectable Torque Control (HSTC) menjadi peranti wajib pada big bike ini. Untuk menyesuaikan tenaga mesin, demi mengoptimalkan torsi pada roda belakang dan mengurangi selip. 

Penyematan Emergency Stop Signal (ESS) tambah menunjang keselamatan pada saat pengereman mendadak. Dimana otomatis mengaktifkan lampu darurat (hazard) saat rem dioperasikan, sehingga dapat memperingatkan pengendara di sekitarnya, terutama kendaraan di belakang, menghindari risiko kecelakaan.

Baca Juga:
Ribuan Loyalis L300 Geruduk Candi Banyunibo, Ada Apa?

 
Menggendong mesin 4 silinder 650cc DOHC, 6-percepatan, varian ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 66,5kW @11.000 rpm dan torsi kuat 60,7Nm @8.000 rpm. Kapasitas tangki bahan bakar sebesar 15,4 liter, dan pihak Honda mengklaim spesifikasi mesin sudah memenuhi standar emisi yang ditetapkan pemerintah.
 
Desain knalpot kompak, menambah kesan maskulin sekaligus memberi performa optimal pada putaran mesin bawah-tengah. Tersematnya komponen lubang gas buang sisa pembakaran, juga mampu menghasilkan suara khas. Memiliki rangka diamond steel bentuk elips, dirancang memberi keseimbangan kekuatan. 

Diperoleh lewat penyetelan khusus yang lebih kaku di sekitar headstock dan lebih fleksibel di sisi spar. Menawarkan karakter pengendalian sesuai penggunanya. Posisi berkendara agak condong ke bagian depan, menempatkan pengendara dekat dengan roda depan. Jok pembonceng memiliki ruang yang cukup, didukung tali untuk keamanan. Profil jok pengendara yang pas membantu jangkauan kaki ke tanah, dengan ketinggian tempat duduk 810mm. 
 
Velg aluminium dibalut ban depan 120/70-R17, serta ban belakang 180/55-R17. Memanfaatkan kaliper rem depan berpiston empat dengan cakram 310mm. Intip bagian belakangnya dipasang kaliper berpiston tunggal, dengan cakram 240mm. Menghasilkan daya pengereman berlimpah, dengan ABS 2-channel sebagai piranti standar. Bicara harga, motor mewah ini dijual dengan harga Rp291 jutaan on the road DKI Jakarta. Dipasarkan secara eksklusif pada 11 Big Wing yang berada di 9 kota besar di Indonesia.


(uda)