Formula 1 Hongaria 2022

Start 10 dan Sempat Melintir, Verstappen Tetap Menangi F1 Hongaria

Max Verstappen mengawali F1 Hongaria di urutan 10 dan sempat melintir, namun Ia akhirnya bisa tampil kompetitif meraih kemenangan. RedBull CP
Max Verstappen mengawali F1 Hongaria di urutan 10 dan sempat melintir, namun Ia akhirnya bisa tampil kompetitif meraih kemenangan. RedBull CP

Autogear.id - Start di posisi 10 pada sesi balapan di F1 Hongaria yang baru saja berlangsung di Sirkuit Hungaroring pada Minggu (31/7/2022), tentu bukan posisi yang menguntungkan untuk meraih hasil yang bagus. Namun keberuntungan nampaknya begitu memihak kepada pembalap asal Belanda itu. Ia pelan-pelan menyusul satu per satu lawannya.

Namun upaya ini tentu tak dirasakan mudah oleh sang juara dunia F1 2021 itu. Lantaran usai menyusul Charles Leclerc yang menggunakan kompon ban keras dan tak begitu bisa melakukan perlawanan, Ia malah melintir kehilangan grip ban belakang, tepat sebelum memasuki tikungan terakhir. Beruntung mobilnya memutar 360 derajat dari posisinya kembali di jalur balap.

"Rasanya ini balapan yang sangat seru, karena saya banyak bertarung dengan pembalap lain untuk meraih kemenangan ini. Setelah melakukan pit stop kedua, sebenarnya ada masalah di kopling dan mengoper gigi. Tapi setelah itu masalahnya hilang dan saya menyusul ke barisan terdepan dengan sisa strategi yang ada," girang Max Verstappen.

Kemenangan ini menjadi fenomenal lantaran dengan strategi ini membuat poinnya di klasemen pembalap kian menjauh dari Charles Leclerc yang berada di posisi kedua klasemen pembalap. Kini Ia mencetak jumlah poin sebbanyak 258 poin. Sedangkan Leclerc dengan pencapaian 178 poin.

Baca Juga:
Spectre, Mobil Listrik Rolls-Royce Mulai Fase Pengujian 2,5 Juta Km

Pembalap yang finish di urutan kedua yaitu Lewis Hamilton juga tak kalah bagus di sesi balap kali ini. Ia menggunakan trik yang cukup agresif di akhir balapan yaitu pemilihan kompon lunak untuk mencetak lap tercepat sekaligus menyusul rival-rivalnya. Dan ternyata itu berhasil Ia lakukan. Ia bahkan sanggup menyusul rekan setimnya yang sebelumnya mengawali balapan dari grid start pertama. 

Sementara George Russel sepertinya merasa menyesal lantaran Ia yang sanggup tampil kompetitif di awal balapan justru tak begitu kompetitif saat mengganti ban ke kompon keras. Meski pada akhirnya kembali menggunakan ban kompon medium, namun Hamilton yang menggunakan kompon lunak, tentu lebih sulit dibendung. Ditambah lagi mobilnya tak begitu kompetitif ketika menggunakan ban kompon medium di stint kedua.

Duo tim Ferrari justru kembali mengalami nasib kurang beruntung. Baik Leclerc maupun Carlos Sainz tak bisa melawan dengan strategi penggantian ban kompon medium maupun kompon lunak. Justru saat mengganti ke kompon lunak, keduanya malah kian tak bisa mengejar ketertinggalan. Sehingga keduanya hanya bisa rela finish di posisi 4 untuk Sainz dan 6 untuk LEclerc.

Hasil balap F1 Hongaria 2022:
1. Max Verstappen, BEL, Red Bull Racing
2. Lewis Hamilton, ING, Mercedes GP
3. George Russel, ING, Mercedes GP 


(uda)