Balap Mobil

Kalah Spek, TGRI Tetap Jawara Kejurnas Sprint Rally Seri 5 Malang

Toyota Gazoo Racing Indonesia tampil epik di Kejuaraan Nasional Sprint Rally Malang. TGRI
Toyota Gazoo Racing Indonesia tampil epik di Kejuaraan Nasional Sprint Rally Malang. TGRI

Autogear.id - Usai merebut podium pertama seri 4 Kejurnas Sprint Rally 2023 bulan lalu, pasangan pembalap Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI), Ryan Nirwan dan navigator Adi Indiarto, kembali meraih podium pertama Pertamax Turbo Kejurnas Sprint Rally Seri ke-5 di Puslatker TNI AL Bedali Lawang, Malang, Jawa Timur. 

Meskipun spesifikasi GR Yaris AP4 berada satu tingkat di bawah rival-rivalnya, namun kombinasi skill mumpuni pembalap TGRI, kerjasama tim, dan ketangguhan mobil rally telah sanggup mengungguli catatan waktu peserta lain. Sehingga kembali tampil sebagai juara pertama overall. Memperbesar peluang tutup musim dengan gelar juara nasional.
 
“Kami bersyukur tim TGRI kembali bertengger di podium pertama. Semangat continuous improvement yang ditunjukkan Ryan dan Adi sukses buahkan juara pertama overall. Dengan menyisakan satu seri kejurnas di bulan November, semoga hasil positif ini akan memperbesar peluang tim TGRI pertahankan gelar juara nasional,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.
 
Trek Kejurnas Sprint Rally 2023 Seri ke-5 mengulang lokasi serupa yang dipakai di seri ke-2. Bedanya, panitia lomba menambah jarak tempuh dari sekitar 5,2 km menjadi 5,7 km. Lintasan balap dengan karakter high speed hadirkan tanjakan dan turunan, menambah tingkat kesulitan. Sebanyak 158 pembalap tercatat sebagai starter, di mana 10 pereli berlaga di kelas paling tinggi.

Baca Juga:
Bicara Fitur Keselamatan di SUV Kompak? Jangan Anggap Enteng Wuling Alvez!

 
Ryan dan Adi berkompetisi di kelas paling bergengsi M1 (sedan 4 wheel-drive) kategori A. Mobil balap yang mereka gunakan, secara spek berada satu tingkat di bawah rival-rivalnya. Tantang Pushing the Limit for Better, membuat pembalap dan seluruh tim TGRI berusaha keras tingkatkan performa mobil reli, supaya berdaya saing tinggi.
 
Melihat jalannya balapan, keduanya tampil all-out dengan waktu tercepat kedua 05:01.2 di etape atau special stage (SS) 1. Kembali posisi ke-2 di SS 2, dengan catatan waktu 05:01.1. Masuk hari berikutnya, engineer dan pembalap TGRI berimprovisasi dengan GR Yaris AP4, membuatnya langsung memimpin SS 3 dengan waktu tercepat 04:57.4. Konsistensi dan performa tim menempatkan duo pembalapnya di posisi pertama overall, torehan waktu total 14:59.7. Menang tipis 0.8 detik dari posisi kedua.
 
”Kami jadikan defisit performa mobil balap dari peserta lain di Kelas M1 sebagai tantangan, yang harus ditaklukkan bersama. Kolaborasi antara engineer TGRI yang mendengarkan input kami dan kemahiran mereka dalam meracik seting GR Yaris AP4,” kata Ryan.
 
Tim TGRI jalani musim Kejurnas Sprint Rally 2023 dengan penuh tantangan. Peserta lain meningkatkan daya saing menggunakan spek race car satu tingkat di atas GR Yaris AP4. 
Tetapi, meningkatnya daya saing tersebut justru jadi pemicu engineer TGRI. Hadirkan ever-better rally car yang lebih kompetitif, bahkan sanggup meraih gelar juara pertama, berturut-turut tahun ini dan sebelumnya.


(uda)