Balap Mobil

Sirkuit Lawas Tanah Air Jadi Saksi Parade 1056 Mercy Pecah Muri

Rangkaian mobil dengan satu varian terbanyak ini, memecahkan rekor MURI di Sirkuit Sentul. AGPK
Rangkaian mobil dengan satu varian terbanyak ini, memecahkan rekor MURI di Sirkuit Sentul. AGPK

Autogear.id – Hari itu menjadi salah satu hari paling bersejarah bagi para pemilik dan penikmat mobil Mercedes-Benz atau Mercy yang bernaung di bawah Mercedes-Benz Club Indonesia (MB Club INA). Lantaran berhasil memecahkan Museum Rekor Dunia-Indonesia, untuk kategori Rangkaian Mobil Satu Varian Terbanyak yang sukses berkeliling di Sirkuit International Sentul, Bogor, Jawa Barat, awal September 2023.

Kegiatan yang dibuka Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Mahendra tersebut dimeriahkan oleh 1.056 kendaraan Mercy dari 112 klub yang berada di bawah naungan MB Club INA. Malah sebenarnya ada sekitar 1.400 mobil Mercy yang ikut mendaftar, namun karena satu dan lain hal, akhirnya MURI dipecahkan oleh kehadiran 1.056 Mercy.

Presiden MB Club INA I Made Yoga Mahardhika mengatakan, mobil-mobil Mercy dari yang klasik hingga terbaru, datang untuk meramaikan acara ini. Berasal dari perwakilan 112 klub di bawah naungan MB Club INA, dari sejumlah daerah di Indonesia. Seperti dari Jabodetabek, regional Metro, Banten, dan Jawa Barat, bahkan ada yang datang dari Sumatera Barat.

“Terus terang kami sendiri sangat terkejut, dengan antusiasme para peserta ini. Karena pada awalnya kami hanya menargetkan 500 kendaraan yang ikut dalam pemecahan rekor MURI tersebut. Namun entah bagaimana, seakan mendapat tantangan untuk menghadirkan 1.000 unit kendaraan. Alhamdulillah, ternyata hal tersebut bisa tercapai, bahkan lebih dari seribu,” kata Yoga.

Baca Juga:
EV Custom Kolaborasi Raffi Ahmad dan NMAA Siap Jadi Rebutan Netizen

Ditambahkannya lagi, kegiatan ini selain untuk memecahkan MURI, juga bertujuan menjadi ajang silaturahmi. Kesempatan bagi seluruh member Mercedes-Benz yang ada di Indonesia. “Yah, hitung-hitung pemanasan, sebelum nanti di bulan November 2023 kami juga akan menggelar kegiatan Jambore Nasional (Jamnas) yang pendaftarannya sudah kami buka,” ungkapnya.

Dalam kumpul Mercy pecah MURI ini juga turut dihadiri Presiden Mercedes-Benz Club Malaysia, Syaiful Faizal, juga member Mercedes-Benz W204 asal negeri jiran tersebut. Syaiful mengatakan semoga ke depannya MB Club INA bisa semakin eksis, dengan anggota yang terus solid dan guyub. “Congrats untuk I Made Yoga Mahardhika, yang telah terpilih sebagai Presiden MB Club INA periode 2023-2025,” jelasnya.

Memanfaatkan momen berharga ini, di sela-sela acara juga dilakukan pengangkatan Bambang Soesatyo (Bamsoet) yang menjabat Ketua MPR RI dan Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI), sebagai Ketua Dewan Kehormatan MB Club INA. Begitupula Ahmad Sahroni selaku Sekjen IMI, diangkat menjadi Wakil Dewan Kehormatan MB Club INA. Sementara Nono Sadewa ditunjuk sebagai Anggota Dewan Kehormatan MB Club INA.


(uda)