GIIAS 2021 Resmi Dibuka, Ada Apa Saja?

Suasana hari pertama penyelenggaraan GIIAS 2021 di Indonesia Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang Selatan (Foto: Medcom.id/Ekawan)
Suasana hari pertama penyelenggaraan GIIAS 2021 di Indonesia Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang Selatan (Foto: Medcom.id/Ekawan)

Autogear.id - Setelah setahun absen, pameran otomotif terbesar di Indonesia, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) kembali digelar. Lantas, ada apa saja di GIIAS 2021 ini yang kembali digelar secara offline?

Seperti tahun-tahun sebelumnya, GIIAS 2021 juga menghadirkan berbagai teknologi terbaru kendaraan bermotor Indonesia, dan dihiasi dengan kehadiran sejumlah penampilan mobil baru berstatus world premier.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, senang akhirnya GIIAS 2021 bisa digelar setelah beberapa kali mengalami penundaan. Ia mengatakan, penyelenggaraan pameran ini tidak terlepas dari penanganan pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19. 

BACA: Jelang GIIAS 2021, Mitsubishi Rilis Duo Xpander Terbarunya

"Kita berharap pameran ini bisa mendorong kebangkitan industri otomotif, ini multiplier efeknya tinggi, ada beberapa launching kendaraan bermotor baru, dan ada beberapa kendaraan bermotor atau battery vehicle yang bisa membuat mendorong ekosistem supply chain," ungkap Airlangga Hartarto membuka GIIAS 2021 pada Kamis (11-11-2021) di Indonesia Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang Selatan.

Pameran tahunan ini diikuti puluhan merek termasuk jajaran kendaraan penumpang dan kendaraan komersial, yakni; Audi, BMW, Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, VW, Wuling, serta dari kendaraan komersial, Isuzu, Hino, Mitsubishi Fuso, dan Scania. Mereka semua membawa kendaraan terbarunya, baik dalam bentuk produksi massal atau mobil konsep.
 
Bahkan sejumlah mereka sudah mempersiapkan diri menghadirkan sejumlah mobil baru berstatus World Premiere. Sebut saja Hyundai dan Honda sudah mempersiapkan mobil baru mereka, kemudian ada Toyota Avanza yang akan melakukan penampilan resmi perdananya dan begitu juga penampilan perdana Mitsubishi Xpander.
 
Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yohannes Nangoi, menyebutkan asosiasi akan terus mendukung program pemerintah dan melakukan pengembangan sektor industri ke arah yang lebih baik lagi. 
 
"Gaikindo dengan dukungan pemerintah, APM, dan prinsipal merek akan terus mendorong perbaikan-perbaikan pencapaian industri otomotif indonesia, salah satunya upaya yang dilakukan Gaikindo adalah dengan menginisiasi kehadiran GIIAS. GIIAS adalah pameran teknologi otomotif satu-satunya pameran otomotif indonesia yang mendapatkan dukungan penuh dari asosiasi otomotif dunia," buka Yohannes Nangoi.

BACA JUGA: GIIAS 2021 Diikuti 22 APM Mobil dan 100 Merek Otomotif
 
"GIIAS merupakan rangkaian otomotif dunia dan akan menjadikan ajang yang memberikan informasi perkembangan industri otomotif Indonesia di mata dunia. Pada kehadirannya GIIAS menginspirasi publik dengan kehadiran teknologi otomotif terkini, dan GIIAS 2021 mengusung tema Wheels to Move sebagai sebuah pernyataan bahwa industri otomotif Indonesia akan selalu bergerak maju bersama Gaikindo melalui penyelenggaraan GIIAS."
 
Pameran ini akan berlangsung pada 11-21 November 2021 setiap pukul 11.00 - 20.00 WIB. Seluruh pihak yang hadir harus dalam kondisi sehat, sudah menjalani vaksin lengkap 2x dosis, terdaftar di aplikasi Peduli Lindungi, selalu menggunakan masker medis, secara berkala mencuci tangan, dan selalu menjaga jarak.

Artikel ini telah tayang di Medcom.id dengan judul: GIIAS Kembali Di 2021, Ada Sejumlah World Premier


(acf)