Motor 250cc

Bermesin 4 Silinder, Ninja ZX-25R Belum Cukup Moge

Kawasaki lahirkan kembali motor 250 cc 4 silinder lewat model Ninja ZX-25R. ig/rnj_motorsport
Kawasaki lahirkan kembali motor 250 cc 4 silinder lewat model Ninja ZX-25R. ig/rnj_motorsport

Autogear.id: Kawasaki Ninja ZX-25R seharusnya sudah dirilis di Indonesia pada April lalu. Namun pandemi Covid-19 membuat peluncuran motor 250cc konfigurasi 4 silinder ditunda hingga saat ini. 

Meski banyak yang menunggu kedatangan Ninja ZX-25R, namun satu hal yang harus diingat khususnya untuk Anda yang suka pamer bahwa motor ini tidak bisa dikategorikan sebagai moge. Sehingga jangan harap Anda bisa parkir di area parkir moge di mal-mal Jakarta yang biasanya hanya diperuntukkan bagi motor 500cc ke atas.

Penggemar moge yang juga merupakan Kawasaki enthusiast, Leowsy ikut berkomentar terkait strata Ninja ZX-25R yang tidak masuk kategori moge. Menurut Leowsy, Ninja ZX-25R secara tampilan dan bunyi raungan mesin sudah sangat mirip dengan moge, tapi urusan parkir di mal (area moge) menurutnya itu adalah ranah pengelola mal.

"Motor ini sudah ala-ala moge, suaranya moge, jadi apakah bisa parkir di mal (parkiran moge). Itu pertanyaannya. Pengalaman di mal, biasanya petugas nanya ini cc nya berapa. Masih sopan bertanya, tapi kembali lagi itu regulasi di mal dan memang ranahnya mereka," kata Leowsy di channel Youtube Saya Garuda. 

Leowsy menambahkan bahwa aturan parkiran moge di mal saat ini dikhususkan untuk motor 500 cc ke atas karena populasi motor 250 cc yang sudah berjibun.

"Kalau jaman dulu 250cc masih boleh di mal, tapi karena sekarang saking banyaknya 250 cc ya nggak dibolehin, jadi parkirnya di tempat parkir motor biasa," beber Leowsy. 

"Kedepan kita lihatlah, mungkin 250cc di atas dua silinder boleh parkir di area moge. I don't know. kita lihatlah," sambungnya sembari guyon. 

Lain halnya dengan pendapat Leo Sudaryono, pemesan pertama Ninja ZX-25R yang juga berprofesi sebagai blogger. 

Leo justru tidak terlalu mempermasalahkan soal Ninja ZX-25R yang tidak bisa diparkir di mal (area moge). "Buat saya nggak terlalu mengganggu ya. Mau naik motor apa mau ngemal. Saya pakai motor juga jarang buat ke mal. Motor ya dipake jalan. Jadi nggak ada masalah," ujar Leo. 

Untuk mereka yang memang motivasinya pamer atau nongkrong di area parkir moge mal, Leo merekomendasikan membeli motor dengan cc yang lebih besar. "Kalau memang teman-teman butuh motor yang bisa parkir di mal ya beli aja motor dengan cc yang lebih besar," tukasnya.

Kawasaki pertama kali memperkenalkan Ninja ZX-25R di Tokyo Motor Show 2019 bulan Oktober tahun lalu. Salah satu hal yang membuat motor ini begitu dinanti bikers Tanah Air karena Ninja ZX-25R telah dibekali fitur Electronic Throttle Valve (ETV).

Fitur ini menghubungkan tuas gas dengan throttle body sehingga tidak ada lagi yang namanya kabel gas karena semuanya sudah dikendalikan secara elektronis. 

Selain itu, motor ini dilengkapi dua mode power yakni L (low) untuk pemakaian harian dan F (full) untuk yang ingin merasakan performa agresif. Belum diketahui kapan motor 250 cc 4 silinder ini akan resmi meluncur di Indonesia. 

 

 

 


(uda)