Tekan Angka Kecelakaan, YRFI Bandung Gelar Pelatihan Safety Riding 

Pelatihan safety riding klub dan komunitas motor Yamaha di Bandung Jawa Barat (Foto: Yamaha DDS II Jawa Barat)
Pelatihan safety riding klub dan komunitas motor Yamaha di Bandung Jawa Barat (Foto: Yamaha DDS II Jawa Barat)

Autogear.id - Untuk menekan angka kecelakaan, Yamaha Motor gencar melakukan pembinaan lewat pelatihan keselamatan berkendara. Di antaranya pelatihan keselamatan berkendara atau safety riding bareng Yamaha Riders Federation Indonesia (YRFI).

Berlangsung di pelataran parkir Graha Mekarwangi, Bandung, Jawa Barat awal Januari lalu, pelatihan keselamatan berkendara yang dilakukan instruktur safety riding Yamaha diikuti sekitar 30 peserta.

Mereka mewakili tiga klub atau komunitas, yang tergabung dalam naungan YRFI Bandung. Yakni R15 Bandung Motorcycle Club (RBMC), Xeoner Bandung (Xeban), dan Bandung Riders Community (BRC).

Aktivitas pelatihan sendiri diawali pembahasan tentang perkembangan jumlah motor di Indonesia. Lalu lanjut pelatihan teori safety riding, persiapan sebelum berkendara hingga mengenal rambu lalu lintas.

Hendri Kartono, Chief Yamaha DDS II Jawa Barat mengatakan, aktivitas kali ini bertujuan mengedukasi klub atau komunitas yang tergabung dalam naungan YRFI Bandung.

“Kita pelajari seputar bagaimana keselamatan berkendara itu dilakukan. Mulai dari teori hingga praktek dasar dalam safety riding. Seperti cara pengereman yang baik, teknik menikung, dan lainnya”, kata Hendri dalam keterangannya (11/1/2021).

Antusiasme para peserta pelatihan pun lumayan tinggi. Seperti diungkapkan Reza Asta Romadhona, dari RBMC.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat, khususnya buat saya pribadi. Hal-hal mendasar yang tidak atau belum terpikirkan oleh saya sebelumnya, ternyata ada cara yang baik dan benarnya untuk dilakukan”, seru Reza.

Sehingga menurutnya, pelatihan ini selain berguna untuk diri pribadi, juga bermanfaat bagi klub RBMC yang sering sunmori ataupun touring. Supaya menjadi tambahan pemahaman, agar tetap safety kala berkendara di jalan raya.

Rencananya, baik dari pihak Yamaha Motor maupun YRFI, akan mengadakan kegiatan pelatihan keselamatan berkendara ini secara rutin.

“Aktivitas safety riding seperti ini rencananya sepanjang tahun 2022 akan digelar setiap bulan. Kebetulan awal tahun ini pesertanya giliran dari perwakilan klub atau komunitas di bawah naungan YRFI Bandung”, pungkas Hendri.


(acf)