Motor Listrik

Mahasiswa UBL Sulap Sepeda Selis jadi Motor Listrik Kargo

Sepeda motor listrik UBL CEV01. dok ubl
Sepeda motor listrik UBL CEV01. dok ubl

Autogear.id: Mahasiswa dari Universitas Budi Luhur (UBL) berhasil membuat sepeda motor listrik yang diberi nama UBL CEV01 yang merupakan singkatan dari Universitas Budi Luhur Cargo Electric Vehicle Generasi 1. 

Sesuai namanya motor listrik ini dirakit untuk kebutuhan kargo atau membawa barang. Sepeda motor listrik ini dibuat dari basic sepeda listrik Selis E-Max. 

Kepala Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur, Sujono mengungkapkan bahwa UBL CEVO1 sudah dimodifikasi pada keseluruhan tampilan dan sistem kelistrikan Selis E-Max.

"Seluruh tampilan dan sistem kelistrikan Selis E-Max diubah menjadi motor listrik UBL CEV01 dengan konsep modifikasi zoomer. Tampilan motor sudah tidak seperti aslinya mulai dari rangka, dan bodi," ungkap Sujono dalam keternagan resminya, Rabu (22/4/2020).

Sujono menambahkan, motor listrik memiliki jarak tempuh maksimum sejauh 150 km dengan baterai Lithium dengan kecepatan maksimal 60 kilometer per jam. Secara keseluruhan lama pengembangan UBL CEV01 hanya memakan waktu dua bulan hingga mencapai 90 persen. 

Karya sepeda motor listrik UBL CEV01 ini semakin menunjukkan komitmen UBL dalam mengembangkan kendaraan listrik. Tahun lalu, para mahasiswa dan peneliti di UBL telah lebih dulu memperkenalkan mobil bertenaga listrik spek offroad yakni Blits dan Neo Blits. 

Uji coba sekaligus CSR

Bersamaan dengan itu, UBL CEV01 turut berperan dalam program BLUtizen Morning Action Srikandi Universitas Budi Luhur dengan membagikan masker dan kopi di Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April 2020.

Dalam kegiatan ini, UBL CEV01 juga dijadikan motor listrik kargo (angkut barang) yang membawa masker untuk dibagikan ke pengguna jalan di sekitar Jl. Raya Ciledug Universitas Budi Luhur.

"Kami aktif dalam CSR selama pandemi COVID-19 dengan membantu warga terdampak dengan bantuan sembako dan membagikan APD dan kebutuhan petugas medis ke sejumlah rumah sakit dan area pemakaman COVID-19 di Jakarta Barat," kata Rektor Universitas Budi Luhur, Wendi Usino. 

Selain membagikan masker, UBL juga sudah memberikan bantuan berupa sembako untuk masyarakat di sekitar dan alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis di sejumlah rumah sakit.

Spesifikasi UBL CEV01

Model :Zoomer
Motor : 1200watt
Battery : 60 Volt 80 Ah 
Daya angkut : 150kg
Kecepatan maksimum : 50 kpj 
Jarak tempuh: 150 km


(uda)