Komunitas Otomotif

Komunitas Bikers dan Seni Geser Kopdaran ke FDR Day Tebing Breksi

Komunitas bikers dan seni, yang dibungkus dalam sebuah acara bertajuk FDR Day 2022. FDR
Komunitas bikers dan seni, yang dibungkus dalam sebuah acara bertajuk FDR Day 2022. FDR

Autogear.id – Pagi itu, tak kurang 100 bikers dari berbagai klub dan komunitas motor daerah Yogyakarta dan sekitarnya, berkumpul di Jl. Malioboro nan legendaris. Seraya mulai memanaskan mesin kendaraan masing-masing. Ratusan bikers ini sedang bersiap-siap melakukan city touring, menuju kawasan wisata Tebing Breksi yang sedang naik daun di Yogyakarta.
 
Ya, mereka menuju lokasi tempat berlangsungnya kopi darat (kopdar) massal komunitas bikers dan seni, yang dibungkus dalam sebuah acara bertajuk FDR Day 2022. Sambil setiap motor membawa 1 pot tanaman untuk ditanam di lokasi acara.
 
FDR seolah-olah kurang puas dengan kumpul bareng komunitas motor pada FDR Day perdana di Kawasan Wisata Batu, Malang, Jawa Timur, lantaran diguyur hujan deras. Juga pada penyelenggaraan FDR Day kedua di Tangerang, Banten yang menggandeng salah satu promotor balap Indonesia.
 
Pada akhirnya merek ban produksi dalam negeri, yang mengaku banyak menggunakan material lokal dalam pembuatannya, kembali menghelat FDR Day ketiga, di Tebing Breksi, Yogyakarta (29/10). “Yogyakarta kami pilih, karena sejak 2021 FDR mulai berkenalan dengan beragam komunitas non otomotif,” kata Direktur Marketing PT Suryaraya Rubberindo Industries, Anang Nilanto.

Baca Juga:
Jadi Sponsor Platinum IMOS 2022, FIF Pede Pasar Motor Bangkit

 
Lanjut Anang, oleh karena itu tahun ini FDR Day tidak hanya mengajak komunitas otomotif, melainkan juga komunitas skateboard, BMX, mural, dan lainnya. “Maka namanya kami balut dengan nama FDR DAY Street Art Festival. Menurut kacamata kami, kalau bicara art atau seni, Yogyakarta menjadi salah satu tempatnya, yang sudah melahirkan ribuan pegiat seni di Indonesia,” jelasnya.
 
Sementara FDR Sales & Marketing Div. Head, Zandhy Utama mengatakan, FDR Day Yogyakarta menggandeng komunitas skateboard, BMX, DJ, breakdance, dan mural dalam sebuah kompetisi. “Kami adakan FDR DAY Street Art Festival agar dapat menjadi wadah untuk melatih bakat mereka, menunjukkannya dan belajar untuk dapat berkompetisi dengan sehat,” ucapnya. 

Masih mengangkat semangat ‘FDR Riding Culture’, yaitu Safe, Care dan Respect, rangkaian kegiatan FDR Day diisi berbagai kegiatan sosial. Menitikberatkan pada pengolahan sampah, pelestarian lingkungan, pemberdayaan UMKM dan kesejahteraan masyarakat sekitar. Kegiatan FDR Day dibuka dan gratis untuk umum. Menyediakan berbagai jajanan khas Yogyakarta di area UMKM dan sejumlah foodtruck serta kemeriahan lainnya
 
Acara puncaknya diramaikan oleh performa band lokal Evan Loss, Hasoe Angels, Pendhoza dan Ngatimombilung. Tersedia pula grandprize satu unit Honda CB150X bagi pengunjung beruntung, yang telah melakukan registrasi melalui aplikasi My FDRTire. 


(uda)