Komunitas Otomotif

Pesta Sebelum Puasa, Pemilik Corolla Klasik Gelar RetroFast

Komunitas mobil klasik tipe Toyota Corolla gelar RetroFest sebagai bagian dari eksistensi mereka di dunia otomotif nasional. RF
Komunitas mobil klasik tipe Toyota Corolla gelar RetroFest sebagai bagian dari eksistensi mereka di dunia otomotif nasional. RF

Autogear.id – Salah satu resto di kawasan Bekasi, Jawa Barat, menjadi saksi bisu kemeriahan acara RetroFast. Sebuah ajang kumpul dan silaturahmi sebelum memasuki bulan suci Ramadan tahun ini. RetroFast merupakan kegiatan yang diselenggarakan komunitas penggemar dan pemilik kendaraan Corolla Classic, yang tergabung dalam Indonesia Corolla Classic (ICC) chapter Jabodetabek-Banten.

Perwakilan dari pihak penyelenggara RetroFast, Jos Oren mengatakan, RetroFast merupakan event pertama ICC yang diadakan dengan tujuan kangen-kangenan dan silaturahmi sebelum puasa. “Acara ini terdiri dari car display dan kontes, hingga doorprize berupa satu unit skuter," katanya.

Lanjut Jos Oren, terkait kontes, lantaran event ini sebagai kegiatan yang diperuntukkan bagi mobil-mobil retro dan klasik. Maka untuk kategori kontes menyesuaikan dengan mobil-mobil yang hadir. Mulai dari kategori Best Classic, Best Retro, Best Modification, Best Engine Bay, dan terakhir Best of RetroFast.

Bagi peserta yang mengikuti kontes tersebut, dikenakan biaya pendaftaran Rp250 ribu per mobil. Adapun untuk total hadiahnya senilai Rp6 juta. Selain kontes mobil, ada juga car display, di mana para peserta yang ingin mendaftar dikenakan biaya pendaftaran Rp100 ribu, dan pemenangnya mendapatkan total hadiah Rp1 juta.

Baca Juga:
Kolaborasi Lifestyle, Bikin Pasar Otomotif Menggeliat Awal Tahun

Tentunya bukan hanya terdiri dari car display dan kontes mobil, RetroFast juga dimeriahkan ragam konten kegiatan menarik. Mulai dari TikTok Group Dance, Retro Fashion Show, Music Reggae, Otobursa, hingga bincang-bincang motorsport bersama pebalap Rendi Son dan Anjasara Wahyu. "Kami sebelumnya menargetkan peserta sekitar 700 mobil dan 1.500 pengunjung. Syukurlah acara ini bisa terlaksana dengan baik, serta berjalan sukses dan lancar," pungkas Jos Oren.

Sekilas informasi, ICC sendiri merupakan komunitas mobil kategori lawas yang dibentuk pada 8 Juli 2012. ICC berdiri setelah diinisiasi oleh beberapa inisiator, antara lain Jos Oren dan Edy Tala, di daerah Purbalingga, Jawa Tengah. Kala itu, sebagai wadah komunitas baru, ICC tanpa berlama-lama langsung tancap gas. Memutuskan untuk menggelar hajatan besar berskala nasional. 

Berupa gathering nasional (Gatnas) pertama pada 22 - 23 Desember 2012. Mengambil lokasi di salah satu lokasi bersejarah di Daerah Istimewa Yogyakarta, yakni Stadion Maguwoharjo, yang dulu di jaman perang merebut kemerdekaan, merupakan landasan udara strategis milik TNI Angkatan Udara di Yogyakarta.

Gayung bersambut, ICC mendapat sambutan hangat dari para pengguna Corolla klasik. Terbukti ribuan pengguna Corolla klasik generasi 1, 2, dan 3 dari tahun 1966 hingga 1979 turut hadir meramaikan Gatnas tersebut.


(uda)